Penting! 5 Tips Aman Naik Ojek Online di Tengah Pandemi Corona

Jika terpaksa harus berpergian menggunakan jasa ojol, ada beberapa tips untuk pengguna jasa ojol sebelum berpergia, sebagai berikut:

127
Ilustrasi

NGETGRIP – Virus corona atau Covid-19 di Indonesia penyeberannya semakin meluas. Tercatat Kamis (19/3/2020), sudah 309 positif corona, 25 orang meninggal dunia, dan 15 dinyatakan sembuh.

Terus meningkatnya jumlah orang terinfeksi virus corona, tentunya perlu kewaspadaan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan aktifitas, meski pemerintah sudah menyarankan agar mengurangi aktifitas ke laur rumah.

“Bicara soal corona ini perlu diantisipasi, sehingga perlindungan diri sangat dibutuhkan. Tapi memang ini menjadi tugas semua, baik penumpang, operator (pengemudi ojol), dan pengusaha untuk waspada terhadap corona,” kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, melansir dari detikcom.

Jusri menyarankan untuk saat ini, usahakan untuk tidak berpergian terlebih dahulu. Namun jika terpaksa harus berpergian menggunakan jasa ojol, ada beberapa tips untuk pengguna jasa ojol sebelum berpergia, sebagai berikut:

1. Gunakan helm sendiri

Layaknya asosiasi pengemudi ojol Garda, Jusri menyarankan untuk membawa helm berstandar SNI pribadi sendiri. Sehingga kebersihan dan proteksi diri bisa tetap terjaga.

Meski sudah menggunakan helm sendiri, Jusri menyampaikan agar penumpang untuk tetap menggunakan masker sendiri. Masker dinilai memiliki peran penting saat berlalu lintas terutama saat menggunakan ojol.

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, penyebaran virus Corona memungkinkan dari manusia ke manusia melalui percikan droplet. Bersin atau droplet orang yang terinfeksi bisa jatuh di objek atau permukaan benda.

3. Menggunakan sarung tangan steril

Sarung tangan menjadi peranti yang disarankan untuk digunakan saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan umum. Karena saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan umum, pengguna jasa akan menghindari berinteraksi langsung dan bersentuhan dengan benda dan orang lain.

BACA JUGA:  Tekan Kriminalitas Jalanan Polrestabes Bandung Tingkatkan Kesiagaan

4. Sampai tujuan cuci tangan dan wajah

Setelah sampai tujuan, Jusri mengingatkan untuk pengguna ojek online untuk mencuci tangan dan muka menggunakan sabun. Agar jauh lebih higienis atau menjadi bersih kembali.

5. Sampai rumah langsung membersihkan diri

Setelah berkendara menggunakan ojek online atau kendaraan umum, Jusri menyarankan untuk langsung membersihkan diri. Dan langsung mengganti dan menaruh pakaian di tempat kotor, untuk langsung dibersihkan sebelum berinteraksi dengan orang-orang rumah.