WhatsApp Pastikan Tidak Akan Beroperasi di Smartphone Ini

114

NGETRIP, TEKNO Akhir tahun lalu, WhatsApp telah mengumumkan akan berhenti beroperasi di sejumlah perangkat di tahun ini. Kini, tepatnya pada 1 Februari 2020, sejumlah perangkat dan sistem operasi mobile pun dipastikan tidak lagi dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Dikutip dari Metro, Sabtu (1/2/2020), pemberhentian ini berlaku untuk sistem operasi iOS, Android, termasuk Windows Mobile. Kebanyakan sistem operasi yang masuk dalam daftar ini memang sudah sangat lawas.

Untuk iOS sendiri, WhatsApp mengatakan tidak lagi mendukung iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 7. Adapun iPhone terakhir yang masih menggunakan iOS 7 saat ini adalah iPhone 5S dan iPhone 5C.

Sementara untuk Android, aplikasi milik Facebook ini tidak lagi mendukung versi 2.3.7 atau yang dikenal sebagai Gingerbread. Sistem operasi ini terakhir ada di Galaxy Nexus S atau Samsung Galaxy S.

Perusahaan juga menghentikan dukungan untuk seluruh perangkat Windows Mobile. Dengan pemberhentian ini, perangkat yang masih menjalankan sistem operasi di atas tidak dapat lagi menggunakan WhatsApp atau membuat akun baru.

“Karena kami tidak lagi mengembangkan pembaruan untuk sistem operasi tersebut, beberapa fitur mungkin sudah tidak dapat berfungsi,” tutur aplikasi milik Facebook ini dalam blognya.

Oleh sebab itu, WhatsApp mengingatkan pengguna yang ingin menggunakan layanannya, tapi masih menggunakan sistem operasi yang ada di atas untuk segera berganti perangkat ke model lebih baru.

Akhir tahun 2019, WhatsApp juga menghentikan dukungan untuk semua Windows Phone dan perangkat yang menjalankan Windows Mobile.

Informasi ini telah dikonfirmasi oleh pihak WhatsApp. Dengan begitu, mulai hari ini hingga seterusnya, seluruh perangkat berbasis Windows Mobile tak bisa lagi memakai WhatsApp.

Mengutip laman Daily Mail, Selasa (31/12/2019), Facebook selaku pemilik WhatsApp menyatakan, perusahaan kini tak lagi mengembangkan WhatsApp untuk Windows Mobile. Dengan demikian, para pengguna perangkat dengan Windows tak akan lagi bisa membuat akun baru WhatsApp.

Penghentian layanan WhatsApp di Windows Mobile ini dilakukan usai Microsoft telah mengumumkan rencana untuk menghentikan operasional Windows Mobile.

Microsoft kemudian meminta para pengguna untuk berpindah ke perangkat Android atau iPhone mulai Januari 2020.

Penghentian dukungan WhatsApp untuk perangkat lawas seperti Windows Phone ini bukan hal baru.

Pasalnya, tiap tahun, layanan chatting yang diluncurkan tahun 2009 ini memang menyetop dukungan untuk perangkat yang tidak kompatibel dengan fitur-fitur barunya di masa depan.

Sebelumnya, WhatsApp menghentikan dukungan untuk smartphone lawas Windows di awal 20018. Pada waktu yang bersamaan, WhatsApp juga tak bisa lagi dipakai di semua perangkat berbasis BlackBerry OS. (sf/lptn6)

BACA JUGA:  Vivo Resmi Luncurkan Smartphone V17 Pro di Indonesia