3 Seri Tersisa, Klasemen MotoGP Makin Ketat

net

NGETRIP, Bandung – Sebanyak 11 seri MotoGP 2020 sudah digelar yang memunculkan 8 nama pemenang berbeda. Kini, seri motoGP tinggal tiga, yakni dua kali di Valencia Spanyol dan satu kali di Portugal.

Pemuncak klasemen sementara Joan Mir gagal meraih hasil maksimal di GP Teruel Ahad lalu. Dia harus puas berada diperingkat ketiga di belakang Franco Morbidelli (Yamaha Petronas SRT) dan rekan setimnya Alex Rins (Suzuki).

Tambahan 16 poin yang diraih Joan Mir memang mampu memperlebar jarak dengan peringkat kedua klasemen sementara, Fabio Quartararo (Yamaha Petronas SRT). Setelah 11 seri, Joan Mir kini mengantongi 137 poin dan Quartararo 123 poin, cuma terpaut 14 angka.

Yang menarik, kemenangan Morbidelli di Sirkuit Aragon Spanyol Ahad lalu membuatnya menempati peringkat empat klasemen sementara dengan 112 poin, terpaut 25 poin dari Mir. Dengan tiga seri tersisa, peluang Morbidelli untuk meraih juara dunia masih terbuka.

Peluang menjadi juara dunia pun semakin terbuka untuk Alex Rins. Raihan kemenangan dan runner up berturut-turut di Aragon membuatnya kini menempati peringkat keenam dengan 105 poin, tertinggal 32 angka dari pimpinan klasemen sementara.

Peluang pun, masih terbuka untuk Andrea Dovizioso yang sudah mengemas 109 poin (peringkat kelima) dan Maverick Vinales dengan 118 poin (peringkat tiga). Bahkan secara matematis, dengan tiga seri tersisa, masih ada 75 poin yang diperebutkan. Dengan begitu, di atas kertas, peluang juara dunia 2020 masih terbuka bagi 14 pembalap, termasuk Johann Zarco yang berada di posisi ke-14 dengan 64 poin.

MotoGP menyisakan tiga balapan lagi, yakni pada GP Eropa pada 6 November 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, GP Valencia pada 13 November di sirkuit yang sama, dan terakhir GP Portugal pada 20 November di Sirkuit Internasional Algavre.