5 Hal Yang Menyebabkan Akun Kena Suspend

NGETRIP.ID, BANDUNG-– Banyak pengemudi online penasaran tentang beberapa hal yang bisa menyebabkan akun grab ataupun gojeknya terkena suspend, berikut beberapa penyebab umum akun di suspend

1. Sering Cancel Orderan

Penyebab akun grab di suspend paling utama suspend terjadi pada pengemudi karena seringnya pengemudi menolak atau mengcancel orderan yang masuk. Alasan cancel orderan tersebut seringkali dibuat-buat, jarak kejauhanlah, takut penumpangnya size jumbolah, tarif yang terlalu murahlah pake diskon pula. Percayalah, hal itu merupakan alasan utama cancel order tadi terjadi. Tanpa sadar, setelah anda melakukan cancel orderan tadi maka akun anda masuk dalam daftar merah. Kalau memang tidak bisa narik di hari itu, pilihan terbaiknya ambil libur sementara daripada nanti di suspend dan dapat libur panjang, begitupun dengan Go-Jek tiga kali berturut-turut menolak order maka langsung disuspend 30 menit.

2. Kendaraan Berbeda

Hal ini jarang terjadi, tapi sudah banyak yang merasakan akibatnya. Resiko menggunakan kendaraan yang tidak terdaftar jika terdapat laporan dari penumpang ataupun tim lapangan aplikator maka pasti akan di suspend. Kendaraan berbeda berarti plat nomor berbeda, dan itu merupakan salah satu pelanggaran kode etik bagi pihak aplikator.

3. Rating Jelek

Lagi, penyebab akun grab di suspend ialah rating atau penilain yang jelek dari penumpang. Penyebab penilaian jelek terjadi karena beberapa hal.

  • Pengemudi tidak sesuai (Driver Tembak)
  • Kendaraan/plat nomor berbeda pada yang tertera di App Grab penumpang
  • Cara berkendara kurang safety
  • Drivernya judes 
  • Driver tidak tertib lalu lintas
  • Atribut yang tidak terawat (terutama Helm penumpang R2, interior mobil yang berbau R4)

Rating jelek tidak sepenuhnya mutlak kesalahan driver. Ada saja driver yang sudah “baik” tetap mendapatkan rating jelek dari penumpang yang berujung suspend. Mungkin penumpang tidak tau imbas dari bintang dan komentar yang diberikan.  Untuk para penumpang ojek online yang terhormat, berpikirlah sejenak sebelum memberikan rating jelek terhadap driver ojek online.

4. Penumpang Yang Sama

Bukan rahasia umum lagi jika terlalu sering menerima order dari orang yang sama merupakan penyebab akun di suspend. Hal ini sangatlah berbahaya, karena pihak aplikator akan beranggapan bahwa orderan tadi merupakan orderan palsu. Orderan yang sengaja dibuat oleh pengemudi itu sendiri. Akibatnya akun anda akan suspend sementara, pencairan dibekukan bahkan hangus jika sampai diputus mitra.

5. Terdeteksi Melakukan Kecurangan

Kecurangan dimaksud ialah menggunakan app tambahan ataupun app modif yang bukan standar dari perusahaan. Seperti MOD tambahan, Fake GPS alias Tuyul n Mbak Yul dan banyak lagi sebutannya. Jika berkelanjutan maka sistem akan mendeteksi app yang anda gunakan merupakan sebuah kecurangan.

Jadi, kelima hal tersebut jika lakukan akan berakibat suspend dari pihak perusahaan. Lantas bagaimana jika sudah terlanjur terkena suspend ? Jika suspend tadi masih bersifat sementara masih ada kesempatan untuk diperbaiki.

Cara mengaktifkan kembali akun grab yang terkena suspend ialah dengan cara berikut.

a.    Hubungi Support Center Grab

–   Call Center Grab (021) 8064 877
–   E-mail : Grabsupport.id@grab.com

b.    Jelaskan masalah yang terjadi
c.    Mintalah solusi dari pihak Grab

–   Biasanya anda diminta mengajukan banding

Berhasil tidaknya banding yang anda ajukan sangat berpengaruh terhadap kesalahan atau pelanggaran yang anda perbuat. Seperti saya katakan sebelumnya  “Jika suspend tadi masih bersifat sementara masih ada kesempatan untuk diperbaiki”.

Semoga artikel ini dapat membantu tambahan informasi yang dibutuhkan mengenai Penyebab akun grab di suspend beserta solusi yang dapat dilakukan. (sf)

7. Menyukai ini:

8. Terkait