Akhir Pekan Asyik ke Wisata Tematik di Kota Kembang

1001

NGETRIP.ID, BANDUNG, — Bandung memang sudah dikenal sebagai destinasi wisata, bahkan sejak zaman baheula, Kota Kembang ini sudah disebut sebagai Parisj van Java. Sudah barang tentu ibu kota Jawa Barat ini terkenal dengan wisata alam, wisata kuliner, sampai wisata belanja.

Ngomong-ngomong mengenai wisata belanja, Kota Bandung memiliki tempat wisata belanja tematik, artinya ada yang khusus tempat belanja alas kaki atau sepatu, tempat belanja fesyen, yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan ini. Yuk, berwisata belanja tematik! Berikut ini destinasi wisata tersebut.

Cihampelas

Cihampelas adalah salah satu wisata belanja favorit bagi pelancong. Khususnya untuk menemukan berbagai jenis pakaian dengan bahan dasar jins. Tidak salah daerah ini pun disebut dengan jeans street. Selain menawarkan pakaian dengan berbagai model, uniknya berbelanja di sini, Anda akan ditemani oleh tokoh-tokoh kartun atau komik seperti Spiderman, Superman, Hulk, Aladin dan lainnya yang berukuran raksasa. Karena bangunan-bangunannya dilengkapi dengan relief tokoh-tokoh kartun tersebut. Selain terkenal dengan sentra penjualan pakaian berbahan dasar jins, Cihampelas Bandung pun di kenal sebagai sentra oleh-oleh Bandung.

Setiap libur panjang atau libur akhir pekan, tidak aneh sepanjang jalan satu arah yang muat dua mobil secara paralel ini macet. Meskipun demikian tetap saja daerah ini banyak dikunjungi para pelancong. Banyak pelancong yang datang ke Cihampelas bukan lagi bermaksud memburu busana berbahan jins yang kualitasnya bagus dan harga terjangkau, melainkan memburu beragam pakaian jadi sisa ekspor yang ada di sejumlah factory outlet di sana. Masih di Cihampelas, pelancong pun dapat menikmati keindahan Cihampelas di Cihampelas Walk, menginap di salah satu hotel yang ada di Cihampelas, toko aksesori, dan menikmati makanan yang ada d sini.

Teras ini berupa jembatan pedestrian di atas udara atau skywalk yang sepertinya menjadi magnet bagi para pelancong yang hendak berwisata di Bandung, khususnya di kawasan sentra jins tersebut.

BACA JUGA:  Bersatu Menskors Rapim di Pendopo

Destinasi wisata baru ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Pria yang kerap disapa Emil itu mengklaim bahwa Teras Cihampelas merupakan satu-satunya jembatan khusus pejalan kaki di Indonesia. Memindahkan area pedestrian ke atas jalan, lanjut Emil, merupakan kreasi dalam membangun kota di tengah kian melonjaknya harga lahan.

Teras Cihampelas didesain membawa pejalan kaki agar lebih dekat dengan alam Kota Bandung yang punya hawa sejuk. Pohon-pohon rindang yang melintang di Teras Cihampelas menambah nuansa alami di tengah kesibukan aktivitas perkotaan. Skywalk ini memiliki panjang 450 meter dan lebar sekitar 9 meter. Ketinggian jembatan mencapai 4,6 meter dari permukaan jalan. Proyek itu menelan biaya Rp 48 miliar dan hanya menempuh proses pengerjaan selama tiga bulan.

Kehadiran Teras Cihampelas bukan sekedar menciptakan destinasi wisata baru. Lebih dari itu, pembangunan Teras Cihampelas merupakan strategi dari Pemkot Bandung untuk menata kawasan Cihampelas. Semula, Jalan Cihampelas tampak semerawut lantaran banyak pedagang kaki lima yang berlapak di area pedestrian.

So, silakan menikmati Jalan Cihampelas, Kota Bandung, ini sebagai salah satu tempat  belanja yang wajib dikunjungi. Pengalaman mendatangi kawasan belanja ini adalah tempat yang sungguh atraktif.

Cibaduyut

Cibaduyut adalah sebuah daerah di Kota Bandung bagian selatan. Daerah ini terkenal dengan kerajinan sepatunya. Hasil produksi sepatunya biasanya dipasarkan langsung di toko-toko yang berjajar di sepanjang Jalan Cibaduyut Raya. Sedangkan produksinya ada di gang-gang belakang jalan Cibaduyut.

Untuk mencapai kawasan industri sepatu Cibaduyut, bisa dilakukan dengan banyak cara. Kalau dari Stasiun Hall Kota Bandung bisa langsung naik angkot ke Cibaduyut. Demikian juga jika dari Terminal Cicaheum maupun dapat ditempuh dengan angkut jurusan Leuwipanjang. Sebenarnya, Cibaduyut dekat dengan Terminal Leuwipanjang, jika dari sana tinggal jalan kaki saja sekitar 300 meter sudah sampai kawasan Cibaduyut. Kualitas sepatu Cibaduyut sudah diakui dan  bagus, namun ada juga produk yang dijual murah di Cibaduyut, semisal sandal dan sepatu murah dari Tasik maupun Ciomas Bogor.

BACA JUGA:  Inilah Suhu Dingin yang Menyapu Bandung, Siapkan Selimut dan Jaket

Kawasan Cibaduyut ini lumayan padat dan parkir relatif sulit serta kondisi jalan yang tidak begitu lebar. Jadi Anda mesti ekstra sabar untuk mendapatkan parkir. Oh iya, jika Anda mau beli sepatu, gunakan penawaran terbaik. Sepatu yang dijual di Cibaduyut sistemnya tawar-menawar, meskipun kadang sudah dibanderol. Mengenai puncak kunjungan, biasanya terjadi saat liburan sekolah atau hari Sabtu-Minggu, waktu banyak orang berlibur ke Bandung. Jadi pada kondisi tersebut, jelas Cibaduyut biasanya macet.

Selamat berbelanja sepatu karya asli warga Bandung.

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung atau kini disebut juga dengan Pasar Baru Trade Centre berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata. Salah satu tempat belanja di Bandung ini termasuk ke dalam pasar baru modern yang menjual berbagai sandang dengan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas baik. Banyak juga kios atau tempat penjualan di Pasar Baru Bandung yang bisa Anda temukan juga di mal-mal besar di Bandung, itu berarti Pasar Baru Bandung tentu tidak kalah dengan mal-mal lain. Di tahun 1935, Pasar Baru adalah pasar tebersih dan teratur se-Hindia Belanda.

Lokasi Pasar Baru Bandung terletak di tengah Kota Bandung, Tak Jauh dari Jalan Asia Afrika Bandung. Akses menuju lokasi ini sangat mudah dan amat dikenal oleh penduduk Bandung. Jenis barang yang dipermual-belikan di Pasar Baru Bandung ini mulai dari aneka pakaian jadi, kain batik, baju batik, bed cover, baju muslim, jilbab, kebaya, perlengkapan muslim, dan lain-lain.

Di Pasar Baru Bandung pakaian atau kain yang ditawarkan mulai dari berbagai kualias, dari kualitas sedang sampai kualitas bagus. Jika beruntung maka bisa berbelanja dengan harga miring namun kualitas barang yang cukup bagus.

Nah, untuk itu barangkali tips berikut ini sangat membantu saat berbelanja di Pasar Baru Bandung:

BACA JUGA:  Kota bandung Sambut Meriah Obor Asian Games

– Pastikan kualitas barang yang di beli, agar tak kecewa nantinya.

– Jika barang tidak menggunakan label harga, berarti barang bisa ditawar.

– Simpan tas atau dompet di bagian depan badan, bukannya menakuti tapi hanya menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena Pasar Baru Bandung sangat ramai.

Sedikit sejarah mengenai Pasar Baru Bandung yang dulunya merupakan Pasar Baroeweg. Pasar ini di bangun sekitar tahun 1884 sebagai pengganti pasar lama di kawasan Ciguriang (di daerah Jalan Kepatihan saat ini) dulu masih merupakan pasar biasa yang kemudian di adakan renovasi pada tahun 2001 menjadi Pasar Baru Bandung yang kita ketahui saat ini. Satu yang pernah membanggakan dari Pasar Baru Bandung ini yaitu pada tahun 1935, Pasar Baru Bandung mendapatkan predikat sebagai pasar tebersih dan teratur se-Hindia Belanda.

Pasar Baru Bandung yang juga merupakan pasar modern tertua yang masih berdiri saat ini memiliki 11 lantai termasuk area parkir. Di Pasar Baru Bandung selain banyak penjual pakaian, sepatu, tas dan lain sebagainya terdapat pula satu lantai yang khusus menjual tekstil, sentra penjualan kain dan batik yang ada di Pasar Baru Bandung pun cukup terkenal hingga ke negeri jiran, misalnya warga negara Malaysia dan Brunei.

Nah sekarang, jika ke Bandung, Anda sudah tahu kan tempat untuk berbelanja pakaian dengan harga grosir dan mutu yang tak kalah bagus. Ada juga sebagian orang bilang belum ke Bandung jika belum ke Pasar Baru Bandung. (Suro Prapanca)