Alumni Al-Azhar Mesir Mengabdi di Askar Kauny

Alumni Al-Azhar Mesir Mengabdi di Askar Kauny

NGETRIP – Yayasan Askar Kauny (YAK) mulai memberdayakan mahasiswa lulusan universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir untuk mengabdi di berbagai mahad (pesantren) serta yayasan Askar Kauny.

Mereka menjadi pengajar untuk mendampingi para santri Askar Kauny belajar saat berada di mahad.

“Saat ini baru ada lima ikhwan lulusan Al-Azhar Mesir yang ditempatkan di berbagai mahad Askar Kauny di wilayah Jabodetabek hingga Jawa Tengah. Selain mengajar, mereka jadi kontributor keilmuan bagi Askar Kauny,” kata Direktur Program Askar Kauny, Hilal Achmad.

Hilal menjelaskan, karena bekal keilmuan agama yang didapatnya selama di Mesir, para lulusan Al-Azhar ini juga diminta aktif menulis dan membuat materi sesuai keilmuan yang didapatnya.

Materi yang dibuat bisa berupa tulisan hingga konten video. Para lulusan Al-Azhar ini juga telah dilatih teknik menulis hingga pembuatan konten di media sosial.

“Karena kami juga ingin menyiapkan kader guru dan ulama bagi Askar Kauny yang punya latar belakang internasional,” imbuh Hilal.

Alumni Al-Azhar ini wajib mengabdi selama satu tahun di Askar Kauny. Program ini, ungkap Hilal, berawal dari pemberian beasiswa bagi mahasiswa Al-Azhar selama belajar di Kairo, Mesir.

Mereka yang mendapat beasiswa harus mengikuti seleksi ketat seperti hafalan alquran hingga komitmen terhadap dakwah.

“Jadi kami berikan uang saku, tempat tinggal hingga pelatihan kepada mereka. Setelah lulus, mereka wajib mengabdi bersama Askar Kauny untuk membagikan ilmu mereka,” jelas Hilal.

Salah satu alumni Al-Azhar, Pajri Maulana mengaku bersyukur bisa terpilih mengabdi di Askar Kauny.

Pajri juga bersyukur selama kuliah di Kairo, Mesir dahulu ia bisa mendapat fasilitas dari Askar Kauny untuk kebutuhan kuliah hingga uang jajan.

Saat ini ia menjadi asisten Founder Askar Kauny, ustaz Bobby Herwibowo di mahad Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Alhamdulillah setelah lulus juga bisa mendapat pengalaman berharga mengajar santri di Askar Kauny,” kata Pajri.

Alumni jurusan Syariah Islamiyah ini mengaku tengah menikmati kontribusinya bagi Askar Kauny selama setahun mendatang. Kedepannya ia ingin bisa mengajar di kampung halamannya di Riau.*