Antre Panjang BTS McD Demi Ongkos Rp12 Ribu, Driver Ojek Online Ungkapkan Keluh Kesahnya

McDonald's di Depok sampai disegel Satpol PP. (Instagram/@infodepok_id)

NGETRIP – Ratusan pengemudi ojek online (ojol) membludak berburu pesanan BTS Meal McD. Dalam aplikasi ojol, satu paket menu BTS Meal McD ini dibanderol dengan kisaran harga Rp45 ribu hingga Rp52 ribu.

Antrean tersebut terjadi sejak menu BTS Meal keluaran McD resmi diluncurkan pada hari Rabu, 9 Juni 2021, pukul 11.00 WIB.

BTS Meal merupakan sebuah kolaborasi dari grup musik asal Korea Selatan, BTS dengan restoran cepat saji McDonald’s yang populer disebut McD.

Menu yang hanya dapat dipesan melalui pemesanan online ini memang ramai dibicarakan.

Dari hype BTS Meal ini, lagi-lagi pengemudi ojek online atau ojol yang mesti menanggung ongkosnya.

Salah satunya dialami pengemudi ojol dari aplikasi Gojek bernama Bimo lewat akun Twitter @GKadang2.

Sebagaimana diberitakan Suara.com, Bimo menceritakan keluh kesahnya saat mesti mengantre selama lebih dari tiga jam dengan bayaran Rp12 ribu.

Pukul 11.00 sebuah pesanan masuk ke aplikasi Gojek Bimo. Posisinya saat itu lumayan jauh. Bimo yang baru saja mengantar pesanan lain, langsung menggeber motornya menuju lokasi McDonald’s yang dituju.

Dalam benaknya tak terfikir antrean akan membludak, tetapi dugaannya salah. Begitu tiba, ratusan orang berjaket hitam hijau telah memadati lokasi.

Semakin lama pengemudi ojol lain malah terus berdatangan. Beberapa di antaranya bahkan mulai resah, karena masih pandemi Covid-19.

Apalagi, setiap pesanan membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima menit untuk disiapkan sebelum diantar ke pelanggan.

“Kalau lihat post saya di Twitter saya dapat order pukul 11.00 baru bisa nenteng pesanan pukul 14.30,” bebernya.

Tentunya dengan antrean yang makin berjubel dan berdesakan, nyaris sulit untuk bisa menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Bukan tidak mungkin pengemudi ojol berisiko tinggi tertular Covid-19. “Kekhawatiran (tertular Covid-19) pasti ada tapi ya bagaimana lagi kerja kita seperti ini. Tiap hari harus berada di jalanan,” kata Bimo.

Sebagai perbandingan, dengan waktu yang sama, Bimo seharusnya bisa dapat lebih dari tujuh order dengan jarak terpendek.

Dengan durasi serupa, semestinya ia juga bisa mengumpulkan lebih dari Rp 70 ribu. “Tadi saya dapat Rp 12 ribu,” kata Bimo singkat.

Beruntung pelanggan yang memesan BTS Meal McD mau berbaik hati memberikan uang tip, meski Bimo enggan menyebutkan nominal pastinya.

“Iya makanya kalau driver dapat resto yang lama jatuhnya bukan untung,” keluhnya mengakhiri. ***