Awas! Bahaya Kampas Rem Jika Tidak Diganti

NGETRIP.ID, Bandung – Sebagian orang memandang sebelah mata tentang keausan kampas rem ,rem merupakan adalah salah satu komponen terpenting dalam kendaraan bermotor, dan sangat penting karena menyangkut keselamatan saat berkendara di jalan.

Kampas rem yang habis akan berbahaya bagi para penguna. Salah satu untuk memastikan komponen itu selalu diandalkan kita juga harus menjaga kapas rem. Kalau sampai tidak memperdulikan kampas rem maka tidak hanya akan merusak motor tapi juga akan berakibat kecelakaan.

jika memaksakan rem yang sudah aus namun tidak secepatnya diganti maka akan merusak komponen di dalam rem tersebut, bahkan jika terus menerus di gunakan dan akan merusak komponen yang lainnya seperti tromol mengantong, atau lebih parahnya merusak tromol dan harus diganti yang baru agar rem kembali normal.jadi saat kampas rem sudah aus harus cepat cepat diganti.

Di dalam kampas rem terdiri dari 3 lapisan, pertama adalah lapisan besi yang berfungsi untuk menahan kampas rem dengan dudukan cakram, kedua lapisan putih berfungsi sebagai pelekat ujung kampas rem denga lapisan besi, ke tiga lapisan gelap yang berfungsi untuk mencengkram tromol dengan kampas rem. Cara menetukannya jika aus adalah saat di rem kendaraan tidak langsung berhenti.

Bila pengendara tidak menyadari bahwa kampas rem sudah habis maka akan membahayakan pada kendaraan itu sendiri, karena bisa berimbas pada gesekan plat besi, akan menyentuh pada lapisan besi ,akibatnya piringan lecet dan terkikis bahkan sampai menimbulkan percikan api karena gesekan kedua besi tadi,itu sebabnya alasan kenapa kampas rem sepeda motor harus di ganti.

jika sudah seperti itu kondisinya kampas rem aus meyebabkan kerusakan, mesekipun penguna mengganti kampas rem baru, justru timbul masalah baru di piringan cakram.

“Lecet atau terkikisnya permukaan tromol membuat saat mengrem tidak efektif, lebih parah jika roda belakang menjadi oleng.” ucap murdi salah satu teknisi bengkel di jalan AH. Nasution.

Efek panjang kalau telat menganti rem adalah saat berkendara tidak nyaman ,mulai dari kemudi bergetar, tidak imbang, sampai gejala saat direm tersendat sendat. Untuk rem tromol, jika telat menganti kampas rem dengan yang baru menyebabkan dudukan rem bisa termakan, dan setelah itu anda harus menganti tromol dan merogoh kocek agak dalam. (rumahnyamotor.blog)