BMKG: Potensi Terjadinya Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang di Bandung

NGETRIP.ID, BANDUNG–Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung telah mengeluarkan peringatan dini yang disampaikan di akun Twitter @bmkgbandung. Pada cuitan tersebut, BMKG memperingatkan adanya potensi terjadinya hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang pada sore hingga malam hari di wilayah Kota Bandung.

BMKG juga telah merilis bahwa Indonesia tengah mengalami curah hujan dengan intensitas lebat. Hal tersebut berpeluang menyebabkan bencana hidrometrologi, antara lain genangan, banjir, longsor, banjir bandang, dan puting beliung.

Kondisi cuaca tersebut disebabkan adanya dinamika atmosfer di mana menguatnya massa udara dari Asia dan Australia yang mempengaruhi pembentukan daerah tekanan renda dan pola-pola sirkulasi di sekiar wilayah Indonesia. Secara khusus, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menyebutkan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih akan terjadi di wilayah Jawa Barat serta beberapa daerah lain di Indonesia.

Menanggapi situasi ini, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Dedi Priadi Nugraha mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap cuaca Kota Bandung belakangan ini. Dedi pun mengingatkan agar warga tetap menjaga lingkungan agar bencana hidrometrologi ini tidak bertambah parah.

“Tetap berhati-hati. Kepada warga juga harus terus menjaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan. Kita berdoa dan berusaha agar peristiwa ini tidak berlarut-larut,” ucap Dedi. (sf)