BMKG Prediksi Musim Hujan Jatuh di Akhir Oktober

280
NGETRIP. ID, Cimahi- Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung menyebutkan jika hujan yang mengguyur Bandung Raya, Rabu (3/10/2018) malam merupakan awal masuknya musim penghujan tapi masih dalam masa pancaroba.
Kepala BMKG Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, hujan yang terjadi kemarin menandakan saat ini sudah masuk di penghujung musim kemarau.
“Tapi belum akan masuk ke musim hujan, jadi masih di musim pancaroba. Jadi kadang akan turun hujan tapi tidak tentu,” ujar Tony saat dihubungi, Kamis (4/10/2018).
Menurutnya, angin yang berhembus saat hujan kemarin merupakan angin jenis doen burst yang berasal dari awan jenis Cumulonimbus. Pada musim pancaroba angin bertiup secara variabel, karena akan segera berubah dari angin timuran menjadi baratan.
Angin kemarin tidak dapat diprediksi kapan dan dimana akan terjadi sama halnya dengan angin puting beliung. Karakteristik cuaca di musim peralihan atau pancaroba, biasanya pada pagi hari cerah berawan dan akan terasa lebih hangat karena suhunya cukup tinggi.
Pada siang hari menjelang sore, berpeluang hujan dengan intensitas lebat durasi singkat, terkadang akan disertai angin kencang , petir, serta berpeluang hujan es bahkan puting beliung.
“Untuk prediksi cuaca hari ini sendiri berdasarkan pengamatan BMKG di Cimahi dan Bandung raya akan turun hujan ringan. Untuk musim hujan baru akan masuk itu di akhir Oktober” ujarnya. (ismalia)