Buronan Kejari Bandung Diciduk di Soetta

NGETRIP. ID, Bandung-Buron dua tahun, Kejari Bandung menangkap Asep Andang Priatna (65). Asep Andang merupakan tervonis dua tahun kasus pemalsuan akta otentik. 

Asep Andang yang merupakan warga Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi ditangkap di kawasan Soekarno-Hatta, Kamis (3/1/2019). 

“Dia ditangkap hari ini di daerah Soekarno-Hatta. Dia merupakan terpidana kasus pemalsuan akta otentik,” kata Kasi Pidum Kejari Bandung Agus Kausal Alam via pesan singkatnya, Kamis (3/1/2019).

Agus mengatakan, Asep Andang Priatna sudah divonis bersalah melakukan tindak pidana pemalsuan sebagaimana diatur di Pasal 266 ayat 1 KUH Pidana, lewat putusan Pengadilan Negeri Bandung nomor 1079/Pid.B/2014/PN Bandung. Asep lalu mengajukan banding atas putusan itu ke Pengadilan Tinggi Jabar namun putusannya tetap menguatkan Pengadilan Negeri Bandung.

Kemudian Asep mengajukan kasasi, dan diputus pada 14 Juli 2016 yang intinya tetap menguatkan yakni 2 tahun pidana penjara. 

“Tapi sejak 2016 itu, yang bersangkutan tidak mengindahkan putusan sehingga akhirnya buron selama 2 tahun,” ujarnya.

Kejari Kota Bandung sebagai eksekutor sudah melakukan pemanggilan terhadap Asep Andang Pritatna sejak putusan kasasi Mahkamah Agung menguatkan putusan banding Pengadilan Tinggi. Tapi yang bersangkutan tetap tak mengindahkan. 

Adapun kronologi penangkapan kata Agus, pihaknya menerima informasi dari masyarakat ahwa Asep Andang berada di kawasan Jalan Soekarno-Hatta. Selama dua tahun buron, pihaknya juga sudah mencari Asep Andang namun tidak ditemukan.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk penangkapan dan akhirnya bisa ditangkap. Langsung kami eksekusi ke Rutan Kebonwaru,” ujarnya. (ismalia)