Didakwa Terima Uang Rp860 Juta, Mantan Bupati KBB Terancam 20 Tahun Bui

111

NGETRIP. ID, Bandung– Mantan Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Abubakar didakwa telah menerima uang Rp 860 juta sebagai uang partisipasi dari para kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Bandung Barat demi kepentingan pencalonan istrinya Elin Suarliah dan Maman S Sunjaya dalam Pilkada KBB 2018.

Hal itu terungkap dalam sidang dakwaan kasus dugaan suap atau gratifikasi terhadap Abubakar  di Pengadilan Tipikor pada PN Kelas IA Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin (26/8/2018).

BACA JUGA: Waspada, di Kota Bandung Begal Beraksi Bisa 3 Kali Sehari

Dalam sidang yang dipimpin I Dewa Suardhita, JPU KPK Budi Nugraha menyatakan Abubakar  terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dengan Weti Lembanawati dan Adhiyoto (berkas terpisah) sebagaimana diatur dalam pasal 12 hurup a dakwaan kesatu dan pasal 11 dakwaan kedua UU tindak pidana korupsi.

”Hukumannya maksimal 29 tahun penjara,” kata coordinator JPU KPK Budi Nugraha usai persidangan.

Uang total senilai Rp 860 juta tersebut diterima Abubakar dari hasil urunan yang dilakukan para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bandung Barat, yang dikoordinir Weti dan Adhiyoto.

Dakwaan yang sama juga diterima oleh Mantan Kadisperindag KBB Weti Lembanawati dan mantan Bapelitbangda Adhiyoto. Keduanya didakwa pasal 12 hurup a dan pasal 11 undang-undang tindak pidana korupsi. (sf/ismalia)