Diguyur Hujan, Melong Kembali Banjir

NGETRIP. ID, Cimahi- Hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi sejak, Selasa (30/10/2018) dini hari kembali membuat kawasan Cimahi Selatan, tepatnya di RW 02, Kelurahan Melong kembali digenangi air. Bahkan genangan air di kawasan tersebut mencapai ketinggian 30 sentimeter ke pemukiman warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Dani Bastianini menyebutkan, banjir Cileuncang terjadi selain tingginya curah hujan yang terjadi dari pukul 03.00 WIB, juga lantaran meluapnya aliran sungai. 

“Sekitar pukul 06.50 WIB air meninggi sekitar 30 cm. Sekarang terpantau sudah surut,” katanya saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (30/10/2018).

Selain di Melong, genangan air akibat hujan deras juga terjadi di beberapa titik. Di antaranya di Jalan Mahar Martanegara dan Jalan Sasak Golkar. Dua titik itu juga merupakan langganan banjir jika musim penghujan tiba. 

Buruknya drainase Jalan Mahar Martanegara dan dangkalnya saluran sungai di samping Jalan Sasak Golkar diduga menjadi penyebab utama kerap banjirnya dua titik itu. Setelah menerima laporan, pihaknya dipastikan melakukan assesment, pengecekan ke lokasi. 

“Kemudian kita lihat terdampaknya seperti apa dengan sumber terdampaknya seperti apa, nanti kita laporkan ke Wali Kota,” ujarnya.

Personel BPBD yang disiagakan selama 24 jam ada 20 orang, dibantu oleh Tagana, PMI, Pasukan Kecebong dan instansi terkait lainnya. Apalagi saat ini sudah masuki musim penghujan, kewaspadaan terus ditingkatkan.

“Jaga kebersihan, saluran air jangan sampah tersumbat sampah,” ujarnya. (ismalia)