GDB Terus Perjuangkan Kondusivitas Driver Online

880

NGETRIP.ID, Depok – Tidak dipungkiri, di era digital, transportasi online kian diminati dan semakin meluas keberadaannya.

Hal ini tentu saja karena kemudahan dan efisiensi bertansportasi yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Dan tak terlepas juga dari pelaku transportasi online atau driver online ini yang membuka lahan pekerjaan untuk mencari nafkah.

Selain fokus ngetrip, para driver online ini pun tetap menjalin silaturahim dalam bersosialisasi. Hubungan para driver online ini terjalin dan terbentuk menjadi komunitas.

Komunitas driver online kini telah menyebar luas ke hampir seluruh daerah di Indonesia dan salah satunya ada di Depok.

GDB (Grab Depok Bersatu) adalah salah satu wadah komunitas ojek online yang ada di Depok. Wadah ini berperan sebagai tempat bertemu dan berkomunikasi para komunitas yang ada di Kota Depok.

“GDB ini berdiri sejak 23 Agustus 2015, tetapi kita rayakan anniv-nya di tanggal 17 atau 18 di bulan Agustus. Seharusnya sih sudah 3 tahun dari sejak berdiri, karena di tahun pertama kita belum segini kuat, akhirnya tahun kedua kita mulai kuat dan sekarang semakin kuat maka dirayakanlah anniversary GDB yang kedua,” tutur Arif, selaku Sekretaris Jendral GDB.

Arif mengemukakan, saat ini ada sekitar 30 komunitas yang bergabung di GDB. Wilayahnya, lanjut Arif, hingga ke daerah Citayam.

“GDB dalam perjalanannya berangkat dari permintaan teman-teman korlap yang ada di Depok, yang masih grab sepi dan berawal dari 10 komunitas yang ada di GDB. Dari bentuk keprihatinan yang menjadi minoritas di tengah-tengah transportasi konvensional dan ini menjadi kekhawatiran untuk para driver online, hingga sampai mencetuskan untuk membuat wadah GDB ini. Bukan untuk melawan atau menjadi jagoan. Tapi dengan kebersamaan kita menjadi kuat dan siap untuk mencari nafkah dengan menjadi driver online,” paparnya.

Dia mengemukakan GDB siap mendukung komunitas driver online dan siap menanggung risiko untuk membela kepentingan driver online dalam mewujudkan kondusivitas.

Terkait Anniversary ke 2 GDB, Arif menjelaskan persiapannya cukup singkat, hanya tiga pekan. “Alhamdulillah acara bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Pada kegiatan itu GDB memberikan piagam bagi para tamu undangan, di antara sebanyak 200 piagam yang diberikan kepada komunitas dan wadah komunitas. Pada acara ini, GDB juga mengundang komunitas/wadah komunitas dari sejumlah wilayah lain di luar Depok, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, serta yang paling jauh yakni wadah komunitas dari Bandung. (AF)