GoTo Serahkan 175 Unit Konsentrator Oksigen untuk Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung

NGETRIP – GoTo, grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, mendukung Pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan mendonasikan lebih dari 1.000 konsentrator oksigen.

Melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen.

Konsentrator oksigen adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96%.

GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa yang didirikan Gojek untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui inovasi teknologi, menyerahkan 175 unit konsentrator oksigen untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pada tanggal 20 Agustus 2021 lalu, dan secara simbolis diterima oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dari jumlah tersebut, 50 di antaranya diberikan kepada Pemkot Bandung dan diterima langsung secara simbolis oleh Walikota Bandung M. Oded Danial, Senin 23 Agustus 2021.

Pada tahap sebelumnya, GoTo telah menyerahkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes).

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama, yang diinisiasi oleh GoTo, sebuah gerakan yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan COVID-19 melalui ekosistem GoTo, dan mendukung masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Di dalam program bantuan konsentrator oksigen ini, GoTo juga turut menggandeng Sequoia India serta sejumlah startup di bawah naungan perusahaan modal ventura tersebut.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi bantuan konsentrator oksigen yang diberikan oleh pihak GoTo dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Urusan nyawa khususnya dalam penanganan COVID tidak bisa main main karena dalam hitungan jam hasilnya bisa berbeda, karena itu berkaca dari pengalaman kemarin ketika menangani kebutuhan oksigen di Jawa Barat, kali ini kita lebih siap dan saya berterima kasih, kepada para orang baik,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bandung, Oded M. Danial juga menyatakan apresiasinya dan bantuan konsentrator oksigen yang diberikan oleh pihak GoTo dalam penanganan pandemi COVID-19 merupakan contoh kerja sama yang baik antara pihak swasta dengan pemerintah.

“Bantuan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan faskes di Indonesia yang saat ini merawat pasien Konfirmasi COVID-19 dengan kondisi sedang-berat. Ini menunjukkan pentingnya kolaborasi dan gotong royong dengan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan. Untuk itu saya sangat mengapresiasi dukungan GoTo turut memperkuat upaya penanganan COVID-19 di Kota Bandung.”

Chief Public Policy and Government Relations GoTo, Shinto Nugroho mengemukakan penanganan COVID-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia.

“Kami berharap dukungan kami dapat meringankan upaya Pemerintah dalam menanggulangi COVID-19. Donasi konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan COVID-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung Pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan,” paparnya.

Shinto menambahkan, konsentrator oksigen merupakan salah satu dukungan dalam aspek perawatan (treatment), setelah sebelumnya GoTo telah meluncurkan Rumah Oksigen Gotong Royong” yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang.