Grab, Gojek dan Anterin Manakah yang Lebih Murah?

423
Foto: Republika

NGETRIP.ID, Jakarta – Anterin menjadi penantang baru Gojek dan Grab di ojek online dan transportasi online tanah air. Layanan ojol manakah yang lebih murah?

Seperti dilansir  CNBC Indonesia Pada, Senin (19/10/2019) mencoba membandingkan Anterin dengan layanan kompetitornya. Lokasinya menuju kawasan Senopati dari Tendean di Jakarta. Jarak yang tak terlalu jauh hanya sekitar 4,6 kilometer (km).

Untuk keberangkatan CNBC Indonesia menggunakan layanan Anterin motor. Memesan Anterin terbilang mudah, sama seperti menggunakan aplikasi transportasi online kebanyakan. Bedanya, ketika menekan tombol pesan,yang tampak pada layar adalah deretan driver yang mencakup nama, foto, jarak driver ke titik jemput hingga harga yang tertera.

Harga antara satu driver dengan driver lainnya berbeda. Ada yang lebih tinggi dan lebih murah, Ada yang memberikan tawaran tarif Rp 9.200, ada juga yang menawarkan harga Rp 9.000. Namun karena sedang promo, harga yang harus dibayar pengguna Anterin lebih murah yaitu Rp 8.000.

Dicobalah memilih driver yang lokasinya paling dekat, yaitu berjarak 1,1 km. Namun, entah kenapa sulit sekali direspons dan hanya tertera tulisan “Menunggu respons driver” hingga 15 detik berlalu. Setidaknya dicoba hal yang sama hingga 3x, namun tetap sama, tak terhubung dengan driver.

Akhirnya, dicoba memilih driver yang posisinya terbilang jauh sekitar 3,2 km di sekitar Kalibata. Kali ini beruntung, driver merespons dan dimulai percakapan menggunakan fitur chat pada layar aplikasi. Percakapan pada kolom chat meminta untuk menunggu karena jaraknya lumayan jauh. Setelah menunggu hampir 20 menit, akhirnya pengemudi tiba di titik jemput.

“Anterin memang sistemnya lelang, seperti ojek pangkalan tapi online. Jadi harga ditentukan oleh pengemudi, tapi terserah driver mau atau tidak,” kata Aan driver Anterin kepada CNBC Indonesia saat perjalanan menuju Senopati.

Otomatis, jauh ataupun dekat memang tak akan ada patokan harga yang sama. Saat ditanya mana yang lebih untung, jarak jauh atau dekat, Aan menjawab relatif. Sebab, semua tergantung driver. Bersedia atau tidak menempuh jarak jauh atau dekat dengan harga yang memang bisa lebih murah atau lebih mahal.

Tarif Grab dan Gojek

Lalu lintas siang itu cukup lengang, sehingga tak butuh waktu lama, bahkan tak sampai 10 menit untuk sampai di kawasan Senopati. Lagi-lagi ini perbedaan Anterin dengan transportasi online lainnya. Tak ada pilihan pembayaran dengan metode lain seperti kartu debit atau kredit. Sehingga penumpang harus menyiapkan uang tunai.

Setelah urusan di Senopati beres, transportasi online lagi-lagi dipilih untuk menuju ke Tendean. Karena tak ingin menunggu lama, ada dua transportasi online lainnya yang bisa dipilih. Grab dengan tarif Rp 11 ribu dan Go-jek dengan tarif Rp 10 ribu . Go-jek dipilih karena sedang ada promo alias diskon Rp 9 ribu dan kebetulan saldo Go-Pay yang terisi penuh.

Tak sampai 2 menit, pengemudi Go-Jek sudah tiba di lokasi dan titik penjemputan, siap mengantar ke kantor. Go-Jek memang lebih cepat karena ketersediaan driver di beberapa titik. Ini bisa dilihat pada layar saat pemesanan.

“Jangan membandingkan Anterin dengan Go-Jek dan Grab. Kalau mau membandingkan, harusnya saat mereka (Gojek & Grab) juga baru ada seperti Anterin saat ini,” begitu kata Aan. (*)