Guyub Rukun Membangun Konektivitas & Keselamatan Transportasi

132
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembina Upacara Peringatan Harhubnas 2018, yang digelar di Halaman Depan Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Rabu (19/9/18). Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2018 menjadi refleksi pentingnya keselamatan dan pelayanan dalam dunia transportasi.

NGETRIP.ID, BANDUNG–Melalui tema Harhubnas tahun ini “Guyub Rukun Untuk Mewujudkan Konektivitas dan Keselamatan Transportasi yang Lebih Baik”, Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi mengajak seluruh insan perhubungan nasional guyub atau bersinergi membangun konektivitas bagi masyarakat pengguna transportasi. Hal itu bisa diwujudkan melalui pembangunan trasportasi handal.

“Ini (tema Harhubnas) mempresentasikan bagaimana seluruh elemen perhubungan bersama-sama guyub rukun bersinergi membangun konektivitas guna mewujudkan transporasi handal dan berkeselamatan bagi masyarakat pengguna transportasi,” ungkap Menhub dalam amanatnya yang dibacakan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Upacara Harhubnas 2018 Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Insan perhubungan juga diminta instrospeksi diri terhadap berbagai pelaksanaan kegiatan di sektor perhubungan yang dilaksanakan selama ini. Hal lain yang menjadi refleksi Harhubnas adalah pentingnya konsistensi pada spektrum keselamatan atau safety dan spektrum pelayanan yang ramah atau service dan hospitality.

“Meskipun efisiensi dilakukan di beberapa tahap kegiatan, akan tetapi mengelola efisiensi tidak boleh mengurangi kualitas keselamatan dan pelayanan perhubungan yang merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar,” katanya.

Keberhasilan pembanguan juga sangat dipengaruhi oleh transportasi sebagai urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial, budaya, dan hankam. Peran perhubungan sangat strategis, sehingga sumber daya manusia perhubungan dituntut memperkuat komitmen dan dedikasinya.

“Sumber Daya Manusia perhubungan dituntut memperkuat komitmen dan dedikasi bekerja keras yang nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbuhnya.(sf)