Hati-hati Buat Pengemudi Ojol, Ada Modus Baru Pencurian Motor Pakai Cabai Giling

39
Ilustrasi/Net

NGETRIP – Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi berhasil menangkap pelaku pencurian motor dengan kekerasan dan sasarannya adalah pengemudi ojek online.

Dikatakan Yohannes, motor korban diambil pelaku berinisial WH (28) sesaat setelah wajah korban dilumuri oleh cabai giling oleh pelaku.

Korban pun langsung merasakan pedih dan ditendang dari motor. Melihat korban tak fokus karena merasakan pedih di mata, WH akhirnya membawa motor tersebut.

“Si pelaku berpura-pura menjadi penumpang seorang sopir ojek online. Kemudian setelah sampai di tujuan, si pelaku setelah turun dari motor korban kemudian memukul korban dan kemudian melumuri wajah korban dengan sambal atau cabai,”

“Setelah korban merasakan matanya perih korban ditendang sehingga menjauh dari motornya dan pelaku pergi dengan merampas motor korban,” kata Yohanes saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin 21 September 2020.

Pada saat memesan ojek, pelaku ini tidak menggunakan aplikasi. Dia mendatangi tempat mangkal sopir ojek online dan menawarkan perjalanan offline.

WH, kata Yohanes, mengaku telah melakukan perbuatan ini sebanyak 17 kali. Dia melakukan ini sepanjang 2020.

Yohanes menambahkan, saat pihaknya melakukan penangkapan, pihaknya turut menangkap adik ipar WH, yakni SN (20). SN ini bertindak sebagai penadah dari motor yang dicuri WH.

“Ini modus baru, selama ini kami belum pernah menemui modus seperti ini menggunakan sambel,” ujarnya melansir dari prfmnews.pikiran-rakyat.com.

Yohanes menyebutkan, WH merupakan residivis dengan kasus pencurian bermotor. Namun, dia sempat mendekam di penjara selama 2 tahun. Setelah keluar dari masa tahanan dia melakukan modus pencurian ini.

“Setelah dia menjadi residivis, keluar dari lapas dia lebih berani lagi dan dia merasa lebih siap bersinggungan dengan korban dan sudah menyiapkan alat untuk mempermudah aksinya dengan sambal,” sebutnya.

Rupanya, selain di Cimahi, pelaku juga melakukan aksi kejahatannya di Bandung hingga Cianjur. Saat ditangkap, turut diamankan juga barang bukti berupa 7 kendaraan roda dua hasil curian, helm yang ternoda dengan sambal, dan sisa sambal.

Untuk warga yang merasa menjadi korban untuk datang ke kantor Polres Cimahi. “Pasal yang dikenakan kepada pelaku adalah pasal pencurian dengan kekerasan yaitu pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman kurang lebih 9 tahun,” tuntasnya.