Hujan Datang, Sampah Pun Tiba

160

NGETRIP. ID, Cimahi-  Pemandangan tak sedap tampak tergambar di aliran  Sungai Curug, Kampung Cibodas RT 01, RW 15, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (20/11/2018). Sampah tampak menumpuk di sepanjang aliran sungai.

Kondisinya sangat memprihatinkan. Sebab, sampah domestik itu diduga dibuang oleh oknum warga yang tak bertanggung jawab. Sampah didominasi oleh plastik bekas makanan, minuman hingga styrofoam tersebut sempat viral di jejaring sosial.

Berdasarkan pantauan Selasa (20/11/2018), tumpukan sampah itumulai berkurang dari gambar yang viral di media sosial. Pasalnya, sampah itu mulai dibersihkan oleh petugas dari Pemkot Cimahi.

Bagi warga sekitar, pemandangan seperti itu  bukanlah hal baru. Apalagi ketika memasuki hujan besar. Kiriman sampah itu datang dari wilayah hulu sungai.

“Sudah sering. Kalau hujan besar pasti penuh sampahnya. Kemarin penuh, sekarang sudah mulai dibersihkan,” kata Anies (39), warga setempat.

Menurutnya, tumpukan sampah itu dikarenakan prilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke area sungai. Namun,  bukan warga sekitar Cibodas yang membuangnya.

“Ini kayanya masyarakat yang buang sampah sembarangan, tapi bukan warga sini” katanya (ismalia)