HUT Ke-73 RI, Pj Gubernur Jabar Amanatkan Kondusivitas

93

NGETRIP.ID, Bandung – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Tingkat Provinsi Jawa Barat , di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (17/08/2018).

Dalam sambutan, Pj Gubernur Iriawan menegaskan, bahwa kondusivitas, merupakan amanah terbesarnya dalam menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur. Dengan kondusivitas, sambungnya, Jawa Barat mampu mencapai laju perekonomian di atas rata- rata nasional. Karena itu para investor pun tak ragu untuk berinvestasi di Jabar.

Dengan dukungan semua pihak pula, sampai saat ini Jawa Barat mampu menghadirkan kondusivitas pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di 16 Kota/ Kabupaten yang dilaksanakan secara serentak di Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Kondusivitas itu pula, tercermin dari angka partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak 2018 yaitu 72 persen. Angka yang diperoleh dari KPU Jabar tersebut meningkat cukup signifikan dari Pilkada sebelumnya yang hanya angka 63 persen.

“Ini semua tergambar dari tidak adanya satu butir balon pun yang meletus, tidak adanya satu kaca pun yang pecah. Satu tetespun darah yang mengalir pada pelaksanaan Pilkada di Jabar kemarin ” tegasnya.

Capaian kondusivitas Jabar ini, sambung Iriawan, hadir seiring dengan matang dan dewasanya masyarakat Jawa Barat dalam berpolitik. “Ini pun diteladani para inohong Jabar yang selalu mengamalkan perilaku terpuji,” ujarnya.

Pada saat yang sama, lanjut Iriawan, para tokoh politik di Jawa Barat dapat tampil dengan penuh santun sesuai adat Ketimuran yang dijunjung tinggi.

Selain itu, netralitas Provinsi Jawa Barat mulai dari Gubernur, hingga Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), memberikan nilai tambah pada pemilihan kepala daerah yang berwibawa. “Terima kasih atas capaian ini, kepada saudara- saudara semua,” kata Iriawan.

Maka, tak hanya sampai dengan pelantikan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati, Walikota Wakil Walikota, tapi kondusifitas juga harus diwujudkan pula pada rangkaian pemilu anggota legislatif serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di 2019 mendatang

“Masa jabatan saya terbatas, namun ada agenda nasional, dan agenda strategis Provinsi. Seperti sejumlah pengerjaan proyek infrastruktur di Jawa Barat. Maka para stakeholder harus mendorong itu semua supaya dapat selesai tepat waktu,” imbaunya. (AF)