Ini Hal yang Paling Penting Diperhatikan Pengemudi Ojol Pada Motor di Musim Hujan

174
Ilustrasi pengemudi ojol di musim hujan. (Gojek)

NGETRIP – Pengemudi ojek online (ojol) yang memiliki mobilitas tinggi dijalanan di atas motor di musim hujan, wajib memperhatikan komponen ini.

Pertama yang harus diperhatikan adalah komponen motor yang mudah diserang karat, sebab air hujan mengandung zat asam yang bisa membuat komponen besi dan logam berkarat.

Terlebih bila driver ojol setelah menggunakan motor menembus hujan atau genangan lumpur, lalu dibiarkan begitu saja.

Karena itu, driver ojol harus mengetahui 5 komponen motor yang rawan kena karat setelah diguyur air hujan seperti dikutip NGETRIP dari Federal Oil.

1. Rangka

Selanjutnya adalah rangka. Rangka motor rawan terkena karat, khususnya pada bagian sambungan (las-lasan) dan bagian yang sulit dijangkau.

Jika sisa air hujan dan lumpur mengendap di bagian ini, tinggal tunggu waktu sampai terkena korosi.

2. Swingarm

Pertama adalah swingarm atau lengan ayun. Lengan ayun rawan terkena cipratan air hujan dan lumpur karena letaknya di bawah.

Jika tidak segera dibersihkan setelah terkena hujan, karat berpotensi menyerang bagian sambungan lengan ayun dan bushing.

3. Knalpot

Leher knalpot motor rentan terkena karat, karena sering terkena cipratan air dari roda depan yang berputar. Terlebih pada motor jenis naked bike, biasanya leher knalpot terekspos jelas tanpa cover, maka saat di musim hujan bagian itu biasanya cepat kotor.

4. Rantai

Rantai motor, apalagi yang tidak diberi pelindung (cover) juga gampang terkena karat akibat air hujan. Jika sudah terserang karat, rantai motor jadi berisik dan membuat tarikan jadi lebih berat.

Bagaimana cara mencegah timbulnya karat di 5 bagian motor tersebut? Mudah saja, yang penting detikers harus rajin-rajin mencuci motor setelah terkena air hujan.

Tidak harus selalu dicuci bersih menggunakan sabun motor, cukup disiram air bersih bertekanan, dari bagian kaki-kaki hingga bodi.

5. Dudukan Monosok

Dudukan monosok belakang atau link pada motor sport seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R juga rawan terkena karat.

Dudukan monosok ini bahkan posisinya lebih rendah dibanding lengan ayun, jadi bisa langsung terkena cipratan air hujan dan lumpur. ***