Ini Protokol Kesehatan Yang Disiapkan Grab Sambut 8 Juni, Awas Jangan Melanggar!

45
GrabHealth powered by Good Doctor berinisiatif memberikan rapid test dan PCR test secara gratis kepada mitra pengemudi dan pengantaran Grab. (Foto: Dok. Grab Indonesia via www.grab.com)

NGETRIP – Menyambut pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah mengizinkan ojek online membawa penumpang mulai 8 Juni 2020, Grab Indonesia telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat bagi layanan GrabBike.

Salah satu layanan baru yang disiapkan Grab adalah memberikan pembatalan pesanan gratis tanpa denda. Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyatakan layanan ini diberikan apabila dalam sebuah perjalanan GrabBike penumpang atau drivernya tak mengenakan masker.

Neneng menjelaskan layanan itu diberikan dengan memilih fitur ‘pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask)’ pada alasan pembatalan pesanan.

“Dalam menyambut new normal ini, mitra pengemudi dan penumpang kami dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai jika salah satu pihak tidak menggunakan masker, dengan memilih ‘pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask)’ sebagai alasan pembatalan,” jelas Neneng diberitakan detik.com.


GrabHealth powered by Good Doctor berinisiatif memberikan rapid test dan PCR test secara gratis kepada mitra pengemudi dan pengantaran Grab. (Foto: Dok. Grab Indonesia via www.grab.com)

Grab juga kata Neneng, sudah membentuk armada GrabBike Protect, armada yang satu ini dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah antara penumpang dan driver demi menghindari kontak fisik. Neneng menyebut setidaknya akan ada 8 ribu motor GrabBike yang dilengkapi partisi plastik ini.

“Kami juga telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi. Dalam beberapa minggu ke depan, kami akan menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan ini kepada lebih dari 8.000 kendaraan GrabBike,” jelas Neneng.

Selain itu, Neneng menyebut Grab akan akan mendukung imbauan bagi para penumpang untuk membawa helm pribadi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan mitra pengemudi dan penumpang.

Grab juga meluncurkan dua fitur in-app terbaru, yaitu formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online, serta fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar Grab mulai akhir bulan Juni.