Inilah 2 Versi Kesepakatan AKPOL JABAR dan Grab Bandung

2110

NGETRIP.ID, BANDUNG —Driver online melakukan Aksi damai yang digelar di depan kantor Gojek dan Grab mereka tergabung dalam Aksi Kemerdekaan Pengemudi Online Jawa Barat (AKPO JABAR), siang tadi Rabu, (29/8/18). Menghasilkan 2 versi kesepakatan yang berbeda.

Driver online meminta aplikator segera merealisasikan tuntutan mereka yang selama ini mereka suarakan, saat menyuarakan di depan kantor Gojek, Jalan Ibrahim Adjie mereka tidak menemukan jawaban dikarenakan dari pihak manajemen Gojek tidak ada yang berwenang menjawab, mereka menjanjikan berdialog bade sore hari.

Massa aksi bergerak ke kantor Grab, manajemen Grab menerima perwakilan peserta aksi untuk berdialog, dari dialog ini menghasilkan beberapa kesepakatan dari kedua belah pihak.

2 Versi Kesepakatan

Hasil penelusuran NGETRIP.ID, ada 2 versi kesepakatan, 1 versi voice note yang beredar di WAG Komunitas Driver online disebutkan sebagai berikut:

  • Pendaftaran driver baru ditutup
  • Perubahan skema insentif Bandung, 7 poin = Rp70rb, 11 poin = RP120rb, 15 poin=220rb dan 18 poin=Rp290rb
  • Bagi Driver yang tercatat secara resmi sesuai dengan aplikasi akan mendapatkan jaminan asuransi atas jiwa dan unit kecelakaan.
  • Tidak ada lagi suspend sebelah pihak.

Dalam voice note tersebut di jelaskan jika Grab tidak merealisasikan hasil dialog ini 1 pekan dari aksi, Rabu (29/8/18), peserta aksi mengancam akan menggelar aksi lebih besar dan menyegel kantor Grab.

Sementara itu Mawaddi Lubby, partner engagement executive dari aplikator Grab Bandung, membantah beberapa poin-poin kesepakatan yang ada di voice note tersebut.

“Itu memang aspirasi mereka, tapi tidak disepakati, melainkan ditampung” Jelas Lubby kepada NGETRIP.ID, saat dihubungi via WA sore tadi, Rabu (29/8/18).

Poin-poin kesepakatan versi Grab

  1. Aspirasi tentang Insentif sudah diterima dalam pertemuan minggu lalu dan disampaikan bahwa permintaan tersebut belum dapat dipenuhi, tetapi Grab akan tetap berupaya mensejahterakan mitra melalui peningkatan penghasilan
  2. Pendaftaran driver baru sudah ditutup
  3. Jaminan asuransi jiwa kami sediakan untuk mitra dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, adapun asuransi kendaraan sudah kami wajibkan untuk dilengkapi oleh mitra saat mitra baru mendaftar
  4. Suspend tidak pernah dilakukan secara sepihak sebab kami selalu memberitahukan dan mengingatkan indikasi pelanggaran sebelum adanya sanksi kepada mitra

“poin-poin ini hasilnya sepekan kemudian akan kita sampaikan ke perwakilan massa” ujar Lubby menambahkan. (sf)