Iriawan: Infrastruktur Milik Rakyat Kecil

142

NGETRIP.ID, KOTA BOGOR – Dalam dialog nasional bertemakan Indonesia Maju – Pertumbuhan Industri Transportasi, di hotel Puri Begawan Kota Bogor, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan mensosialisasikan sejumlah infrastruktur yang telah dan sedang dibangun di Jabar yang bertujuan membuka konektivitas antar daerah.

“Hari ini kami ingin menjelaskan agar masyarakat tahu bahwa banyak sekali pembangunan yang kami buat. Ini penting agar masyarakat tahu yang kita lakukan dan dapat menangkap kesempatan itu untuk maju,” kata Iriawan, Sabtu (25/08/2018).

Dari paparannya, Iriawan menyebutkan di wilayah barat proyek strategis nasional yang kini tengah dibangun yaitu tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), akan mulai dioperasikan pada September 2018 mendatang. Di saat yang sama pemerintah juga sedang membangun jalur kereta api double track dari Cigombong ke Cicurug Sukabumi. Sementara untuk Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek yang semula di jalur selatan dari Cawang hanya sampai Cibubur kini akan diperpanjang sampai ke Kota Bogor.

“Jadi kita akomodir apa yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Untuk sisi udara, rencananya akan dibangun Bandar Udara di Cikembar Sukabumi. Ini untuk menopang kawasan wisata di Sukabumi bagian selatan terlebih telah masuknya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark. Dikatakan Iriawan, pemerintah pusat pun telah menyetujui lokasi Bandara tersebut dan akan membantu biaya pembebasan lahan yang diperkirakan mencapai Rp500 Milyar.

“Alhamdulillah direspon oleh pemerintah pusat dan akan membantu pembebasan lahannya,” katanya. (sf)