Istri Gubernur Langsung Dilantik Jadi Ketua PKK-Dekranasda

162

NGETRIP.ID, Jakarta – Usai pelantikan sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih hasil Pilkada Serentak 2018, para istri Gubernur langsung dilantik menjadi pejabat ex officio Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Periode 2018-2023.

Acara pelantikan berlangsung di Aula Kantor Kementerian Dalam Negeri RI di Jl. Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Rabu (5/9).

Ketua Dekranas Pusat Mufidah Jusuf Kalla, melantik secara langsung para Ketua Dekranasda Provinsi ini termasuk diantaranya istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat. Turut hadir pada kesempatan ini Ibu Negara yang juga Pelindung Dekranas, Iriana Joko Widodo.

Ketua Dekranas Pusat Mufidah Jusuf Kalla menuturkan, bahwa tujuan berdirinya Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) adalah untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya nusantara. Hal ini dilakukan melalui pembinaan dan pengembangan seni kerajinan yang ada untuk mengangkat harkat, martabat, dan kesejahteraan para perajin yang ada di Indonesia.

“Para Ketua Dekranasda Provinsi yang baru dilantik tentunya akan mengemban tugas mulia ini. Utamanya untuk melaksanakan hasil Munas dan Rakernas Dekranas yang diselenggarakan setiap tahun,” kata Mufidah dalam sambutannya.

“Oleh karena itu, saya berharap para Ketua Dekranasda Provinsi yang baru tadi segera menyusun kepengurusan periode masa jabatan 2018-2023 dan menyusun program kegiatannya,” harapnya.

Penyusunan kepengurusan dan program Dekranas, lanjut Mufidah, harus selaras dengan AD-ART Dekranas. Selain itu, Mufidah juga meminta koordinasi antara Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota terus ditingkatkan agar pembinaan kepada para perajin dapat maksimal, sehingga bisa meningkatkan daya saing produk kerajinan yang dihasilkan.

“Pada akhirnya nanti lembaga Dekranas maupun Dekranasda bisa menjadi lembaga yang handal dalam keikutsertaannya mensejahterakan para perajin kita,” pungkas Mufidah.

Sementara itu, pada kesempatan ini dilakukan pula pelantikan terhadap sembilan istri Gubernur, termasuk Atalia Praratya sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Periode 2018-2023. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahyo Kumolo.

Atalia belum dapat banyak berkomentar mengenai pelantikan ini dikarenakan kondisi kesehatannya yang sedang memasuki masa pemulihan pascaoperasi, akhir pekan lalu. (AF)