Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Minum Kopi dan Teh Hijau Bagi Kesehatan

Kopi dan Teh Hijau. (KlikPositif.com)

NGETRIP – Minum kopi dan teh hijau punya banyak manfaat bagi kesehatan, seperti kesehatan jantung yang lebih baik, tingkat peradangan yang lebih rendah, dan penurunan risiko penyakit kronis.

Dirangkum Ruangterang.com dari Health.harvard.edu, sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online pada 20 Oktober 2020 oleh BMJ Open Diabetes Research & Care, menyarankan konsumsi lah teh dan kopi karena bisa penurunan risiko kematian dini di antara penderita diabetes.

Para peneliti mengevaluasi kesehatan dan kebiasaan gaya hidup termasuk diet, dari sekitar 5.000 orang di Jepang selama lima tahun.

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi atau teh hijau, orang yang minum paling banyak memiliki risiko kematian dini yang jauh lebih rendah.

Sekitar 40% lebih rendah untuk orang yang minum dua cangkir kopi atau empat cangkir teh per hari dan 63% lebih rendah untuk orang yang minum empat cangkir teh ditambah dua cangkir kopi per hari.

Namun yang perlu diperhatikan, penelitian ini hanya bersifat observasi dan tidak membuktikan bahwa minuman tersebut membuat orang hidup lebih lama.

Meski begitu, diketahui kopi dan teh mengandung senyawa tumbuhan kuat dengan sifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. ***