Jelang Idul Adha, Harga Beberapa Komoditas di Pasar Tradisional Cimahi Normal

144

NGETRIP.ID, Bandung- Jelang Idul Adha 1439 Hijriyah, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Cimahi tak mengalami kenaikan berarti, bahkan cenderung normal.

Hal itu diketahui setelah Tim Terpadu dari Pemerintah Kota Cimahi serta Polres Cimahi menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern di Kota Cimahi.

Sidak dilaksanakan Senin (20/8/2018), dimulai dari Pasar Tradisional Cimindi, Jalan Mahar Martanegara. Kemudian dilanjutkan ke salah satu toko modern di Jalan Amir Mahmud.

Kepala Seksi Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi, Agus Irwan mengatakan, berdasarkan pemantauan di lapangan, belum ada kenaikaan harga signifikan jelang Idul Adha.

“Ini rutin sidak terpadu. Kita pemantauan pasokan dan harga jelang Idul Adha. Pasokan juga aman,” kata Agus di Pasar Cimindi, Jln. Mahar Martanegara, Senin (20/8/2018).

Harga-harga sembilan bahan pokok (sembako) seperti daging ayam masih berkisar Rp35-37 ribu, telur ayam Rp22-23 ribu dan daging sapi yang stabil di Rp110 ribu.

BACA JUGA: Duh..Lansia Tanpa Identitas Ditemukan Tergeletak di Pinggir Rel

Dikatakannya, kenaikan justru terjadi pada kebutuhan non sembako seperti buncis, kacang panjang dan cabai hijau. Kacang panjang yang awalnya Rp12 ribu kini naik menjadi Rp22 ribu, buncis dari Rp15 menjadi Rp22 ribu, serta cabai hijau dari Rp20 ribu menjadi Rp31 ribu.

“Kenaikannya hingga 100 persen,” ucapnya.

Namun, kata dia, kenaikan tiga komoditas sayuran tersebut tak akan mempengaruhi daya beli masyarakat jelang Idul Adha 1439 Hijriyah. (ismalia/sf)