Kanwil Kemenkum HAM Sita Ratusan HP Milik Napi Kebonwaru

175
Foto: Ismalia

NGETRIP. ID, Bandung – Kanwil Kemenkum HAM Jabar menggelar sidak di Rutan Kebonwaru, Jalan Terusan Jakarta, Kamis (13/9/2018). Ratusan ponsel berbagai merek disita dari para narapidana, dan langsung dihancurkan.

Dari keterangan tertulis yang diterima wartawan, Sidak langsung dipimpin Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Ibnu Chuldun, Kamis pagi atau sekitar pukul 08.00 WIB. Ibnu langsung memerintahkan Karutan untuk mengumpulkan para napi di lapangan upacara.

Setelah 1.375 dikumpulkan, sebagian petugas Rutan langsung memeriksa setiap sel di setiap blok yang ada di Rutan Kelas 1 tersebut. Tidak ada narkotika atau psikotropika, namun petugas menemukan barang lain yang dilarang berada di sel tahanan.

“Sidak ini sebagai bentuk kontrol dari wilayah terhadap Rutan dan Lapas di Jabar,” kata Ibnu.

Sementara itu kepala Pengamanan Rutan Kebonwaru Alviantino mengaku tidak menemukan narkotika di kamar atau sel tahanan para napi. Namun, kemudian atas instruksi Kakanwil para narapidana menyerahkan telepon genggam milik mereka.

“Akhirnya mereka menyerahkan HP (handphone) mereka. Jumlahnya ada 150 HP dan 80 charger,” katanya.

Barang elektronik itu lantas dikumpulkan. Petugas langsung mengeksekusi dengan cara menghancurkan ponsel di hadapan para napi dan tahanan Rutan Kebonwaru Bandung.

Berkaitan dengan video pesta narkotik di Rutan Salemba, dia mengklaim selama ini hal serupa tak terjadi di Rutan Kebonwaru. Selain itu, beberapa upaya penyelundupan barang haram tersebut ke dalam  Rutan Kebonwaru berhasil digagalkan.

“Setahun ini ada tiga kasus barang yang mau dimasukan ke dalam kita gagalkan. Pelakunya kita isolasi. Jadi bisa ditekankan tidak semua tempat seperti rutan ini bisa disebutkan ada pesta narkoba,” ujarnya. (ismalia)