Klasemen MotoGP 2020 Usai Miguel Oliveira Juara

Sudah ada 11 pembalap naik podium di MotoGP 2020. (AFP/JOE KLAMAR)

NGETRIP – Miguel Oliveira menjadi pembalap Portugal pertama yang meraih kemenangan di seri MotoGP. Ia berhasil meraih kemenangan sensasional di MotoGP Styria, di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (23/8).

Ketika Jack Miller dan Pol Espargaro saling balap di lap terakhir, Oliveira berhasil memanfaatkan kelengahan keduanya dengan menyusul di tikungan terakhir.

Kemunculan Oliveira ini tak diduga Miller dan Espargaro sehingga mereka harus merelakan podium pertama menjadi milik Oliveira.

Kemenangan Oliveira ini membuat MotoGP 2020 makin berwarna. Dari lima seri yang telah berjalan, terdapat empat pemenang yang berbeda, yaitu Fabio Quartararo (dua kali menang), Brad Binder, Andrea Dovizioso, dan Oliveira.

Dengan kemenangan ini, KTM bisa berharap banyak pada proyek jangka panjang yang tengah disusun oleh mereka yaitu memiliki juara dunia MotoGP. Lewat duet Binder-Oliveira musim depan, KTM bakal makin diwaspadai oleh tim-tim lainnya.

Sementara untuk musim ini, Oliveira yang membela KTM Tech 3 resmi bakal jadi salah satu kuda hitam yang bakal terus meramaikan balapan.

Balapan MotoGP 2020 berikutnya adalah MotoGP San Marino yang berlangsung pada 13 September mendatang.

Sedangkan di posisi klasemen, Fabio Quartararo masih memimpin klasemen MotoGP 2020 setelah para pembalap menyudahi balapan MotoGP Styria.

Quartaro hanya mendapat tambahan tiga poin lantaran finis di posisi ke-13 di MotoGP Styria. Pembalap Yamaha tersebut kembali gagal tampil impresif setelah sebelumnya menang di dua seri awal musim ini.

Hasil buruk di MotoGP Styria membuat Quartararo hanya mengemas 70 poin dan berjarak tiga angka dari Andrea Dovizioso yang menguntit di posisi kedua.

Dovizioso mendapat tambahan 11 poin setelah finis kelima. Sementara posisi ketiga kini ditempati Jack Miller yang menjadi runner up di MotoGP Styria.

Maverick Vinales yang mengalami kecelakaan dan gagal finis di MotoGP Styria harus puas turun ke posisi kelima dengan koleksi 48 poin. Sedangkan tempat keempat diduduki Brad Binder yang unggul satu angka dari Vinales.

Miguel Oliveira yang berhasil menjadi juara di MotoGP Styria berhasil melesat ke posisi kesembilan dengan raihan 43 poin atau unggul delapan angka dari Pol Espargaro.

Adapun Valentino Rossi kini menghuni peringkat ketujuh dalam daftar klasemen sementara MotoGP 2020.

 

Klasemen MotoGP 2020 usai Miguel Oliveira Juara:

1. Fabio Quartararo 70 poin
2. Andrea Dovizioso 67 poin
3. Jack Miller 56 poin
4. Brad Binder 49 poin
5. Maverick Vinales 48 poin
6. Takaaki Nakagami 46 poin
7. Valentino Rossi 45 poin
8. Joan Mir 44 poin
9. Miguel Oliveira 43 poin
10. Pol Espargaro 35 poin
11. Franco Morbidelli 32 poin
12. Johann Zarco 30 poin