Kuasa Hukum: Abubakar Tak Pernah Minta Bantuan Materi

NGETRIP.ID, Bandung– Tim kuasa hukum Abubakar, Iman Nurhaeman mengaku keberatan dengan tuntutan JPU KPK terhadap kliennya. Sebab, selama ini Abubakar tidak aktif terkait semua tuduhan yang dilontarkan KPK di persidangan.

”Pak Abu sendiri dari berbagai sadapan yang diperdengarkan KPK, itu tidak menyatakan langsung soal permintaan uang kepada setiap kepala SKPD,” katanya usai persidangan.

Iman mengakui jika fakta di persidangan ada ungkapan permintaan bantuan yang dilakukan oleh Abubakar. Namun, semua itu ditafsirkan oleh setiap SKPD, jika maksud permintaan itu adalah bantuan secara materi.

Selain itu, lanjutnya, semua SKPD yang dihadirkan ke persidangan tidak mengkonfirmasi ke Abubakar soal permintaan uang tersebut. Memang beberapa kali di forum umum, Abubakar tidak mungkin meminta bantuan dana di forum umum. Itu hanyalah penafsiran yang salah para SKPD, dan kesalah mereka juga tidak mengkonfirmasi ke Abubakar.

Kemudian dalam uraiannya JPU KPK menyebutkan ada pernyataan Abubakar yang mengatakan kalau tidak bisa dibina akan dibinasakan. Padahal kalimat itu dilontarkan Abubakar dalam rangka memotivasi kinerja para kadis, dan itu jauh hari diungkapnnya sebelum Pilkada.

“Kita akan ajukan pledoi nanti. Jika memang ada uang yang tidak halal kepakai, akan kita kembalika ke KPK. Soal pidana tambahan, dicabut haknya memilih dan dipilih saya rasa itu tak ada pengarunya,” ujarnya.

Sementara itu Abubakar mengaku akan mengkonsultasikan semua tuntutan yang diberikan JPU KPK dengan tim kuasa hukumnya. Soal hak politiknya dicabut, Abubakar mengaku itu belum final, dan baru sebatas tuntutan. (ismalia)