Lewat Cara Ini, Grab Dukung Pengembangan Pariwisata Riau

318
Kepala Dinas Pariwisata, Riau Fahmizal dan Region Head of Sumatera Grab Indonesia, Anindita P Rangkuti. ISTIMEWA

NGETRIP, Pekanbaru – Grab Indonesia bersama menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemprov Riau terkait kerja sama strategis di bidang promosi dan publikasi pariwisata dengan tajuk “Riau, Homeland of Melayu’. Kerja sama ini sebagai bentuk dukungan Grab terhadap program pariwisata Provinsi Riau.

Seperti dilansir dalam rilis yang diterima Ngetrip.id, penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Fahmizal dengan Region Head of Sumatera Grab Indonesia, Anindita P. Rangkuti yang disaksikan oleh Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi mewakili Gubernur Riau beserta jajarannya di Kantor Dinas Pariwisata Pekanbaru, Senin (17/6/2019).

Kerja sama dengan Pemprov Riau merupakan bagian dari dukungan Grab terhadap program pariwisata pemerintah Indonesia, Wonderful Indonesia, dimana Grab menjadi mitra resmi Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata terbaik di Indonesia kepada lebih dari 125 juta pengguna Grab di 8 negara sebagai upaya mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini dan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

“Kami merasa terhormat dapat menerima kepercayaan serta dukungan Pemerintah Provinsi Riau untuk dapat berperan dalam mempromosikan pariwisata Riau kepada para turis dan menawarkan pengalaman wisata yang nyaman dan aman. Kami melihat kesempatan besar untuk memberikan pengalaman bernilai tambah bagi jutaan turis domestik dan mancanegara yang tengah berkunjung ke Riau melalui layanan transportasi yang mudah mulai dari bandara dan rekomendasi lokal yang dapat dinikmati wisatawan. Kerja sama strategis ini sejalan dengan komitmen Grab untuk Indonesia, yang merupakan wujud dari master plan2020 ‘Grab 4 Indonesia’,” ungkap Region Head of Sumatera Grab Indonesia, Anindita P. Rangkuti.

Sebagai bentuk dukungan program ‘Wonderful Indonesia’, Grab akan menawarkan inisiatif ‘Smart Tourism’yang memudahkan transportasi wisatawan yang ingin berkunjung ke Riau antara lain:

Berwisata di Riau dengan aman dan nyaman
Wisatawan dapat memesan layanan GrabCar dengan mudah secara legal di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau.

Layanan baru Sewa GrabCar dapat dinikmati wisatawan jika mereka ingin menyewa mobil selama beberapa jam yang termasuk biaya bensin dan supir, sehingga mereka dapat dengan mudah berwisata menuju dan dari berbagai atraksi wisata seperti agenda wisata internasional tahunan “Bakar Tongkang” di Bagansiapiapi yang akan digelar pada 17-19 Juni 2019.

Fitur GrabChat (layanan pesan dalam aplikasi Grab) membantu mengurangi kendala berbahasa, dengan langsung menerjemahkan pesan ke berbagai bahasa yang kerap digunakan di Asia Tenggara, antara pengguna dan mitra pengemudi.

Dapatkan rekomendasi lokal
Grab dan Dinas Pariwisata Provinsi Riau juga menerbitkan peta wisata yang telah didistribusikan ke sembilan hotel di area Pekanbaru. Peta wisata dapat dijadikan sebagai referensi dan sarana edukasi berbagai destinasi unik di Riau.

Mitra pengemudi Sewa GrabCar juga akan mendapatkan pelatihan tentang cara menjadi pemandu wisata. Wisatawan kini dapat merasakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman sambil belajar lebih banyak tentang budaya dan kearifan lokal Indonesia dari mitra pengemudi bersertifikasi.

Wisatawan dapat menemukan rekomendasi restoran dan mencicipi kuliner lokal khas dengan GrabFood, serta menemukan ulasan dan informasi yang berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya terbaik di Indonesia melalui feedberita harian, tersedia secara langsung pada aplikasi Grab.

Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 336 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 152 juta unduhan aplikasi, termasuk Indonesia di mana Grab beroperasi di 222 kota dari Sabang hingga Merauke di mana Grab menjadi pemimpin dalam layanan transportasi on-demandyang menguasai 60 persen pangsa pasar roda dua dan menguasai 70 persen pangsa pasar roda empat.

Selain transportasi, bisnis layanan pesan-antar makanan GrabFood juga berkembang pesat di Indonesia, beroperasi di 178 kota di Indonesia dengan volume pengiriman tumbuh hampir 10 kali lipat pada tahun 2018. Sementara di Riau, Grab hadir dengan layanan transportasi roda empat (GrabCar), dan roda dua GrabBike, pesan-antar makanan (GrabFood), dan pengantaran paket (GrabExpress), termasuk layanan pembayaran digital ‘Pulsa’ dan ‘Tagihan’ untuk menjawab kebutuhan harian masyarakat. (*)