Libur Sekolah saat Asian Games, Mendikbud: Tidak libur

104

NGETRIP.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memanggil Dinas Pendidikan DKI Jakarta terkait kebijakan meliburkan 31 ribu siswa selama digelarnya Asian Games.

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy menegaskan tidak ada siswa yang libur selama Asian Games. Sehingga pihaknya akan mengambil alih kebijakan Pemprov DKI Jakarta terkait diliburkannya 34 sekolah selama Asian Games.

“Intinya tidak libur. Hanya tidak bersekolah (tapi) pelajarannya tetap. Nanti kita atur, nanti kita undang Kepala Dinas Provinsi biar diatur Kemendikbud,” kata Muhadjir di Kemendikbud, Jakarta Pusat, Sabtu (4/8).

Muhadjir menegaskan meski kebijakan ini diterapkan, namun siswa akan tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

“Anak-anak tetap terjamin kegiatan belajar mengajarnya. Jangan sampai dia tidak belajar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan untuk berkoordinasi dengan masing-masing sekolah agar para murid tetap diberikan tugas untuk dikerjakan yang akan dikumpulkan di waktu tertentu.

Kebijakan libur sekolah selama Asian Games ini memang sudah lama bergulir. Bahkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi X DPR beberapa waktu lalu, kebijakan ini didukung oleh anggota DPR.

Sebagaimana diketahui, ada 34 sekolah yang diliburkan selama pelaksanaan Asian Games. Kebijakan ini diambil dengan tujuan agar lalu lintas dari Wisma Atlet menuju venue pertandingan dan sebaliknya lancar.

Ke-34 sekolah ini berada di rute-rute Wisma Atlet dan beberapa venue seperti Velodrome dan Equestrian. Beberapa di antaranya juga berada di lintasan keluar tol menuju venue dan sesudah keluar tol menuju venue. (kmpr/sf)

BACA JUGA:  STKIP Pasundan Siapkan Penghargaan Untuk Hanifan