Luncurkan SameDay Service Q9, Pos Indonesia Siap Dukung Pebisnis Online

240

NGETRIP, Bandung – Perkembangan teknologi informasi, adanya kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses layanan jasa kurir dengan mudah, kapan saja dan dimana saja, serta disruption yang terjadi pada industri e-commerce di tanah air menjadi tantangan tersendiri pagi Pos Indonesia untuk terus bertransformasi dan merelevankan seluruh lini bisnisnya untuk menjawab tantangan tersebut.

Untuk menyikapi hal ini, PT Pos Indonesia meluncurkan layanan baru, Q9. Layanan ini merupakan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibu Kota Provinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa.

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta menjelaskan layanan ini memiliki time limit maksimal 9 jam. Batas akhir pengiriman (cut off time) untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 waktu setempat. Tarif kiriman Q9 dihitung per-kg, dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg.

Bagi para pebisnis online dan pelaku UKM, aspek kecepatan, keamanan dan kepraktisan pengiriman barang menjadi bagian penting dari kesuksesan usaha. Saat ini permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi.

“Memahami kebutuhan itu, PT Pos Indonesia mengeluarkan layanan baru yang sangat mendukung kelancaran usaha para pebisnis ini. Q9 merupakan layanan pengiriman barang sameday service dalam kota,” katanya di Kantor Pos Besar Bandung, Senin (9/9) petang.

Dia menjelaskan Q9 adalah layanan pengiriman langsung dalam kota yang ditargetkan sampai dengan waktu maksimal sembilan jam.

“Untuk harga kompetitif karena memang kita ingin mendukung UMKM di Indonesia supaya bisa tumbuh berkembang bersama sama sehingga kita memberikan harga kompetitif. Ini menggunakan Giro pos dan kita juga sudah punya layanan digital yang kita sebut Pos Giro Mobile.

Layanan saat ini di 66 kota yang serentak kita launching,” katanya.

Menurutnya, sejumlah keunggulan layanan Q9, adalah pertama, selain layanan di loket-loket Kantor Pos dan Agenpos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261. Kedua, hingga akhir bulan Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama.

Ketiga, Q9 membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim. Dilengkapi dengan aplikasi payment PosGiro Mobile.
Keempat, tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman di pos-kan melalui loket KantorPos, O-Ranger maupun Agenpos.
Pos Indonesia menghadirkan figur maskot bernama Mr. Q untuk menggambarkan karakter produk Q9. Mr. Q digambarkan sebagai sosok milenial yang smart, ramah, gesit dan profesional.

Sementara itu, Kepala Regional 5 Jabar Banten Helly Siti Halimah menambahkan Pos Indonesia berharap memiliki produk atau layanan yang semakin bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kalangan pebisnis.