Membandingkan Paket Data Khusus Go-Jek dari Indosat dan Telkomsel 

NGETRIP.ID, JAKARTA – Operator seluler Indosat Ooredoo baru saja meluncurkan paket data khusus mitra driver Go-Jek Paket bernama “Gaspol” ini merupakan buah kerjasama Indosat dengan Go-Jek.

Indosat memberikan kuota 10 GB seharga Rp 50.000 yang berlaku selama 30 hari. Namun, Indosat bukanlah satu-satunya operator yang menawarkan paket serupa. Pertengahan tahun lalu, Telkomsel telah lebih dulu menyediakan “Paket Siap Online” yang juga ditargetkan khusus untuk mitra Go-Jek dengan harga Rp 75.000 untuk kuota data 15 GB.

Lantas, apa perbedaan paket data khusus Go-Jek dari Indosat dan Telkomsel ini?

Kedua paket sama-sama menawarkan paket bundling kuota data dan telepon yang menjadi kebutuhan dasar mitra Go-Jek dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

Keduanya sama-sama memberikan paket telepon ke sesama operator secara unlimited. Untuk telepon ke operator lain (antar-operator), Telkomsel memberikan gratis 200 menit, sementara Indosat hanya 100 menit. Selain itu, kedua paket juga menawarkan bonus yang berbeda, Telkomsel memberikan bonus 500 SMS gratis.

Sementara, Indosat memberikan bonus Data Rollover yang mengakumulasi sisa kuota data ke total kuota untuk bulan berikutnya.
Cara aktivasi
Prosedur aktivasi kedua paket ini lebih kurang serupa. Mitra pengemudi harus mendaftarkan nomor teleponnya terlebih dahulu ke pihak Go-Jek.

Untuk pengguna Telkomsel, sebelum melakukan aktivasi melalui nomor *168*455# untuk membeli Paket Siap Online, pengemudi harus mengisi survei terlebih dahulu.

Sementara, mitra pengguna Gaspol Indosat bisa langsung memasukkan kode USSD *363*88# di phone dialler untuk membeli paket tersebut. Menurut VP Corporate Affairs Gojek, Micahel Say, dua paket dari operator berbeda itu memberikan banyak pilihan untuk mitra pengemudi Go-Jek. Menurut dia, pihak Go-Jek membebaskan mitra untuk memilih paket manapun sesuai kebutuhan.

“Kami serahkan  ke mitra untuk memilih program mana yg terbaik karena kami menyediakan banyak program bagi mitra,” ujar MIchael ketika ditemui awak media di acara peluncuran Paket Gaspol Indosat di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Mengurangi beban pulsa

Michael melanjutkan, di luar penyediaan paket data, kerja sama dengan banyak pihak ketiga juga dilakukan Gojek untuk layanan lain, misalnya saja asuransi. “Kami sampaikan kepada para mitra karena mereka bisa akses layanan ini secara mandiri pula, jadi untuk info bisa via aplikasi driver.

Jadi tidak hanya kerja sama satu perusahaan, kami membuka pintu pilihan selebar-lebarnya untuk para mitra,” sambungnya.

Micahel mengatakan bahwa Go-Jek memang memiliki program swadaya untuk meringankan beban pengeluaran mitra Go-Jek, salah satunya terakit kebutuhan pulsa telepon.

Dari survei yang dilakukan Go-Jek tahun lalu, Michael mengatakan bahwa 80 persen mitra mengeluarkan anggaran sebesar Rp 150.000 per bulan untuk pulsa. Dari angka tersebut sekitar 60 persen mitra menggunakan paket data 10GB.

Dengan dua pilihan paket ini, ia berharap bisa mendukung kesejahteraan mitra Go-Jek dengan mengurangi beban pengeluaran anggaran untuk pulsa. (KMPS)