Ojol di Bandung Hari Ini Sudah Bisa Tarik Penumpang

23
Ilustrasi: Pengemudi ojek online memakai masker. (Foto: Tribunnews.com)

NGETRIP – Ojek online (Ojol Online) di Kota Bandung hari ini Jumat (17/07/2020), sudah bisa diakses untuk narik penumpang setelah pihak aplikator memberikan surat pernyataan komitmen kesiapan melaksanakan protokol kesehatan.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, sudah sejak 3 Juli silam, namun pihak aplikator baru menyanggupi memberikan surat pernyataan pada Senin (13/07/2020). “Sekarang sudah bisa diakses langsung di aplikasi Ojol,” kata Oded, diberitakan Pindainews.com, Jumat (17/07/2020).

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Harian II Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Eric M. Attauriq mengungkapkan, pihaknya baru menerima surat pernyataan komitmen kesiapan melaksanakan protokol kesehatan dari aplikator ojek online Senin lalu.

Padahal hal itu sebagai salah satu syarat yang diminta agar ojek online bisa kembali mengangkut penumpang. “Pemkot melalui Dishub akan menindaklanjutinya dan menelaah tentang persiapan protokol kesehatan. Kalau itu siap dan dipenuhi tinggal persetujuan saja secepatnya bisa dilakukan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar PSBB, Pemerintah Kota Bandung telah mengizinkan ojek online untuk mengangkut penumpang. Namun syaratnya, ada kesanggupan secara tertulis dari aplikator melaksanakan protokol kesehatan.

“Dalam Perwal nomor 37 tahun 2020 tentang AKB hal tersebut sudah diakomodir dengan catatan harus mendapat persetujuan dari ketua gugus tugas dan rekomendasi dari dinas teknis, yaitu Dishub,” ucap Eric.

Ia juga menambahkan, pada dasarnya Pemerintah Kota Bandung secara yuridis sudah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk membuka online tersebut. “Tinggal para pihak memenuhi persyaratan kalau di pemerintah kota siap memproses lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya.