Perhatikan! 7 Waktu Terbaik Minum Air Bagi Kesehatan

Ilustrasi Air Minum. shutterstock.com

NGETRIP – Setiap hari manusia pastikan akan meminum air, karena minum air adalah salah satu pola hidup sehat. Tapi jangan salah ada waktu terbaik minum air putih.

National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menyarankan pria minum setidaknya 13 (8 oz) cangkir cairan per hari dan wanita menargetkan 9 (8 oz) cangkir cairan atau lebih.

Terlepas dari target hidrasi, minumlah secara konsisten sepanjang hari. Inilah tujuh waktu yang baik meminum air sebagaimana dikutip dari Everydayhealth:

1. Saat bangun tidur, konsumsi satu sampai dua cangkir air

Daripada meraih kopi sebaiknya minumlah satu hingga dua cangkir air terlebih dahulu. Karena saat bangun tidur tidak minum jadi meminum air dapat membuat kamu kembali ke kondisi awal.

2. Segelas air sebelum makan

Minum secangkir air sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan membantu mencegah makan berlebihan.

3. Minum segelas air untuk membantu mencuci makanan

Minum air dengan makanan membantu pencernaan. Air sangat penting untuk diminum bersama makanan berserat tinggi .

4. Jangan minum kopi di sore hari

Minum kopi sekitar jam 3 sore, dapat mengganggu tidur Anda. Bahkan minum kafein enam jam sebelum tidur terbukti mengganggu tidur dibandingkan dengan plasebo. Jadi sangat baik bila meminum air putih.

5. Minum H20 saat Sakit kepala

Sakit kepala bisa menjadi gejala dehidrasi, terlebih lagi, ini juga bisa memicu serangan migrain. Bagi mereka yang menderita migrain, meningkatkan asupan air dapat membantu mengurangi keparahan, frekuensi, dan durasi migrain.

6. Minum sebelum olahraga

Pastikan minum air secara teratur pada hari-hari menjelang berolahraga, terutama yang sulit atau berkeringat. Untuk olahraga sedang (seperti jogging di luar, jalan cepat di pagi hari, naik sepeda telentang), minumlah secangkir air sekitar 30 menit sebelumnya dan teguk saat berolahraga.

7. Jangan minum air sebelum tidur

Jangan minum satu atau dua cangkir air sebelum tidur, karena itu akan membangunkan Anda di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi, dan itu akan mengganggu tidur Anda.

Namun, bawalah segelas air ke sisi tempat tidur Anda di malam hari, untuk berjaga-jaga jika Anda haus.***