Reuni 212 Damai dan Tertib, Patahkan Anggapan Miring Mengancam Keamanan

NGETRIP.ID, JAKARTAReuni 212 di Monas, Jakarta, berakhir. Massa langsung meninggalkan lokasi acara dengan tertib dan damai.

Minggu (2/12), gelombang massa dalam jumlah besar itu keluar melalui seluruh pintu yang ada di kawasan Monas. Satu per satu mereka berjalan menuju ke rumahnya masing-masing.

Sebagian massa bergerak ke stasiun terdekat, seperti Stasiun Juanda dan Gondangdia. Sebagian lainnya menuju ke sejumlah halte bus Transjakarta yang ada di sekitar Monas.

Ada pula warga yang menuju ke kantong-kantong parkir untuk mengambil kendaraan. Bubarnya massa membuat jalan di sekitar Monas juga macet parah. Bahkan, massa Reuni 212 juga membersihkan sampah yang ada di sekitar Monas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, peserta Reuni 212 harus menjaga ketertiban dan keamanan. Hal ini sekaligus mematahkan anggapan miring sebagian orang yang mengira aksi ini dapat mengancam keamanan.

“Saya harap semua berkumpul menjaga ketertiban. Mari buktikan izin di Monas hadir tertib, kembali tertib, dan biarkan mereka yang menduga di sini ada kekacauan jadi kecewa karena yang hadir mendatangkan ketertiban kedamaian,” papar Anies panggung.

“Bukan hanya di Monas. Pada saat kembali siapa pun ditemui berikan salam, iringkan senyum dan tunjukkan hadirin yang keluar di Monas memancarkan kedamaian,” ucap dia. (sf/kmprn)