Ribuan Relawan Mulai “Beberes” Kota Bandung

178

NGETRIP.ID, Bandung–Kegiatan Beberes Bandung mulai dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Bandung,Sabtu (11/8/2018). Ribuan warga turun ke jalan untuk menata dan mempercantik kota.

Mereka tersebar di seluruh wilayah di Kota Bandung. Setiap kecamatan, kelurahan, hingga tingkat RW menggelar Beberes Bandung.

Tak hanya warga, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pun turut serta membersihkan lingkungan. Ia hadir di Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Sukajadi.

“Kota kita ini tanggung jawab kita bersama. Jadi kita harus bersama-sama turun tangan. Jangan mengandalkan pemerintah saja, jangan cuma warga saja. Tapi kita bersama-sama,” tutur Oded di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Camat Sukajadi Yudi Hermawan menuturkan, ada ratusan warga yang terlibat dalam Beberes Bandung di wilayahnya. Target awalnya, ada 300 orangĀ  per kecamatan yang menjadi relawan. Pada kenyataannya, di wilayah Jalan Djundjunan saja, ada 500 warga yang sudah membersihkan lingkungan sejak pukul 07.00 WIB.

“500 orang itu yang tersebar di sepanjang Jalan Djundjunan saja. Belum lagi di kelurahan-kelurahan lain. Kita kan ada 5 kelurahan,” ungkap Yudi.

Selain menyapu jalan, membersihkan gorong-gorong, dan menata tanaman, warga juga memasang umbul-umbul san bendera untuk memeriahkan bulan kemerdekaan. Sesuai dengan surat edaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, setiap rumah diimbau untuk memasang bendera.

“Kita juga adakan lomba-lomba di tiap kelurahan. Lombanya macam-macam antar RW,” imbuhnya.

Perlombaan dan pertandingan yang digelar di antaranya, futsal dan bola voli antar RW. Ada pula karnaval pada hari puncak peringatan kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

“Puncaknya kita akan melaksanakan upacara bendera tingkat kecamatan di halaman SD Sukawarna. Di sana akan ada karnaval dan pemberian apresiasi lomba-lomba yang telah dilaksanakan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pemkot Kota Bandung Siapkan Seremoni Pergantian Kepemimpinan

Ia berharap, kegiatan ini selain untuk menyambut Hari Kemerdekaan dan Asian Games 2018, tetapi juga dapat memupuk persatuan dan kesatuan warga. Masyarakat diharapkan bisa lebih memperkuat nilai gotong-royong dalam kehidupan sehari-hari.

“Silaturahmi diperkuat, menjalin persaudaraan juga, biar kita terus kompak,” ucap Yudi sesaat sebelum ia meninjau pelaksanaan Beberes Bandung di empat kelurahan lainnya. (humasbdg/sf)