Ridwan Kamil Berbagi Pengalaman Jadi Peserta Lari di Pocari Sweat Run Indonesia 2021

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka Pocari Sweat Run Indonesia 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (24/10/2021) pagi. Ajang lari tersebut menerapkan prokes ketat dan jarak antarpelari diatur. (ist)

NGETRIP – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut serta dalam event Pocari Sweat Run Indonesia 2021. Ridwan Kamil ikut berlari dalam kategori 10K pada gelombang kedelapan.

Ridwan Kamil pun membagikan pengalamannya saat ikut berlari bersama para peserta lari lainya. Ikut merasakan langsung menjadi pelari meninggalkan kesan bahagia bagi Ridwan Kamil apalagi event ini diselenggarakan di Jawa Barat.

“Saya tadi mengawali lari dengan Mba Najwa Shihab, Pak Bima Arya (Wali Kota Bogor) juga ternyata lari. Alhamdulillah kesannya baik,” kata Ridwan Kamil dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Minggu (24/10/2021).

Menurut Ridwan Kamil, rute lari yang dilalui sangat memadai meskipun ada beberapa tanjakan dan turunan di dalamnya. Ditambah lagi, lalu lintas di sepanjang trek lari relatif lengang mengingat event dilakukan saat masih pagi.

“Pengalaman lari tadi saya monitor karena masih pagi lalu lintas lebih lengang tentunya kemudian rutenya juga memadai, menanjak sedikit di pasopati, setelah itu turun kemudian ada hydration point lancar,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Selain itu Kang Emil mendapatkan banyak dukungan semangat dari masyarakat sekitar. Ini menandakan jika masyarakat sekitar tidak apatis dan menyambut baik event lari ini.

“Kemudian masyarakat yang tadi lewat juga kaget sekaligus senang jadi banyak yang menyemangati. Tapi masyarakatnya enggak apatis yang saya lewatin begitu. Jadi mudah-mudahan everybody happy lah,” kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, atlet atletik lari jarak jauh Jawa Barat Agus Prayogo yang ikut serta menjadi pelari ikut membagikan pengalamannya bisa berlari kembali di event offline pertama selama pandemi COVID-19. Dirinya mengaku senang atas terselenggaranya event ini.

Apalagi, event ini tak hanya diselenggarakan secara offline akan tetapi juga online dari 34 Provinsi di Indonesia. Selain itu, event ini juga bisa menjadi percontohan karena tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Happy banget sebagai atlet saya terus berlatih tali tidak ada event. Selain itu kita ada hybrid happy saja senang banget. Ini bisa jadi percontohan,” ucapnya.

Atlet peraih tiga medali emas pada PON XX Papua ini mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan pola hidup sehat. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti saat, pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.

“Sekarang kita lagi masa pandemi, kesehatan menjadi yang paling utama nomor satu. Salah satu cara untuk mendapat sehat adalah berolahraga dan olahraga yang paling murah adalah berlari,” kata Agus.

“Tips yang pertama adalah kita kejar dulu yang namanya kesehatan dari situ kita akan sadar bahwa kita harus melaksanakan pola hidup sehat minimal dengan olahraga khususnya adalah lari,” imbuhnya.

Agus pun tidak lupa mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebab dengan menjalankan pola hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan masyarakat bisa terhindar dari penularan virus COVID-19.

“Saya ucapkan terima kasih sehingga teman-teman runners bisa sehat bareng tidak hanya secara offline tapi secara hybrid di 34 provinsi. Ucapan buat teman-teman, mari kita tetap terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga tanpa melupakan protokol kesehatan,” jelasnya. ***