Sederhana, Ini Tips Merawat Mobil Secara Mandiri

549
Foto: Faisal Nugraha

NGETRIP, Bandung – Mobil yang selalu dalam kondisi prima tentu menjadi idaman para pemiliknya. Untuk itu, perlu perawatan berkala yang dilakukan agar kendaraan tetap fit. Selain rutin ke bengkel, ada sejumlah langkah perawatan mobil yang bisa dilakukan mandiri.

Berikut ini sejumlah tips dari Adi, salah satu montir di bengkel yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung:

1. Memilih bahan bakar yang tepat
2. Ganti oli mobil dan oli filter sesuai dengan waktunya.
3. Isi air radiator
4. Cek cairan penting mobil
5. Cek timing belt, busi, lampu, dan signal indikator yang ada di speedometer.
6. Selalu panaskan mobil, cek kondisi bandan kelengkapan mobil

1. memilih bahan bakar yang tepat.
Sejatinya setiap kendaraan memerlukan bahan bakan untuk bisa beroperasi, tentunya bahan bakar itu bisa menentukan keawetan atau performa mobil anda. Untuk memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan anda bisa di lihat dari nilai oktan yang ada pada bahan bakar itu.

Nilai oktan adalah angka yang menunjukan besarnya takaran yang dapat diberikan sebelum BBM terbakar secara spontan.
Semakin tinggi nilai oktannya semakin lambat BBM terbakar, dengan demikian BBM bisa lebih hemat, dan manfaatnya untuk mesin mobil adalah dari pembakaran BBM tidak meninggalkan residu (sisa) pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya. Berikut jenis BBM dan Nilai Oktannya:

Premium 88
Pertilte 90
Pertamax 92
Pertamax plus 95

2. Ganti oli mobil dan filter oli sesuai dengan waktunya.
Dalam hal mengganti oli mobil bisa dilakukan jika sudah pada waktunya, cara mengetahui apakah oli kita sudah harus diganti atau belum, anda bisa memperhatikan hal ini sebagai acuan:
Sesuai kilometer/ jarak tempu, kekentalan oli, dan waktu.
Jika anda menggunakan oli yang memiliki kekentalan/SAE nya 40-50, di setiap jarak tempuh 4.000 km sebaiknya anda harus mengganti oli. Jika anda menggukan oli yang lebih encer lagi, yang SAE nya di bawah 40, itu bisa sampai 10.000 km baru anda harus mengganti oli. SAE ini bisa dicek di setiap kemasan oli. Jika dihitung dalam bulan minimal untuk pemakaian dalam kota setiap hari, minimal 3 bulan sekali anda harus mengganti oli.
Anda juga bisa mengecek kondisi oli di mesin dengan membuka kap mesin dan tarik stik oli mobil, di ujung ada tulisan F berarti fuel atau cukup. Jiga E maka anda harus menambah oli mobil anda dan segera cek kondisi mesin mobil di bengkel.
Dan untuk filter oli bisa diganti setelah 3 kali ganti oli.

3. Isi air Radiator.
Pengecekan air radiator ini sangatLah penting dan mudah untuk untuk di lakukan, maka jiga air radiator anda berkurang maka akan menyebabkan temperatur mesin menjadi panas. Dan jika ini terjadi maka akan merukan kinerja mesin anda. Caranya mudah, anda cukup membuka tutup dari radiator mobil ada setiap dua minggu sekali. Dan anda bisa menguras radiator untuk perawatan bisa di lakukan setiap 6 sampai 1 tahun sekali. Tergantung dari kondisi dan taun mobil anda.

4. Cek cairan penting di mobil anda.
– Oli rem
– Oli power stearing
– Air untuk wiper

5. Cek timing belt, dan busi
– Timing belt
Untuk mengetahui umur timing belt mobil anda bisa anda lakukan saat jarak tempuh mobil anda di 50.000 km, atau jika mobil anda dalam kondisi baru dari showroom, bisa dicek saat jarak tempuh 90.000 km. kualitas dari timing belt itu sendiri menentukan umur pemakaian timing belt.
– Busi
Di setiap 50.00 km anda sudah harus mengecek atau membawa mobil anda ke bengkel untuk mengganti busi. Mengganti atau mengecek busi bisa anda lakukan sendiri, jika anda mempunyai alat atau kunci busi di rumah. Ciri – ciri busi mobil anda harus di ganti yaitu :
– Konektor busi sudah menipis
– Jika busi sudah berwarna hitam maka busi juga harus diganti, dan mungkin ada masalah pada pembakaran mesin anda.

Pastikan anda selalu konsultasi dengan bengkel langganan anda, agar mobil yang anda pakai selalu dalam performa prima, dan mesin mobil anda awet dan sehat. Dengan enam cara merawat/perawatan mobil yang bisa di lakukan sendiri minimal bisa mengurangi/mencegah mobil anda mogok saat dikendarai. (Faisal/AF)