Selain Wifinya Kenceng, 4 Tempat Ngopi Ini Nyaman Buat Nongkrong dan Kerja

378

1. YUMAJU COFFEE

Jl. Maulana Yusuf No. 10
Bandung, 40115

Jam buka :
Senin – Jumat : 07.00 – 22.00
Sabtu – Minggu : 07.00 – 23.00

I love this coffee shop. Terletak di tengah kota Bandung, coffee shop mungil ini agak susah dicari karena papan namanya tidak keliatan (lebih kelihatan nama restoran di sebelahnya : Blackpepper). Letaknya dekat dengan sate legendaris Jl. Maulana Yusuf. Tidak jauh dari Dukomsel Dago.

Desainnya simpel dan very straight forward. Seperti layaknya tren sekarang, Yumaju Coffee dipenuhi dengan dekor warna putih dan krem kayu. Bergaya Skandinavian

Karena kopi itu diaretik, artinya dia menyerap air (dan racun) yang ada ditubuh kita, maka sangatlah penting buat coffee shop menyediakan free flow air putih. Di Yumaju disediakan air putih yang anda bisa ambil sendiri sepuasnya.

Disini anda bisa bekerja dengan diiringi alunan musik jazz lembut yang oke. Kekurangannya, karena space ruangan yang kecil, setiap pembicaraan anda dengan teman akan terdengar oleh tamu yang lain. Kalau anda ketemu teman lama dan kemudian ketawa ngakak-ngakak, maka anda akan menganggu tamu yang lain. Jadi mari bertingkah sewajarnya saja disini. Kalau anda bekerja sendirian, atau seneng kesendirian, ada meja khusus untuk satu orang dengan kursi barengan yang memanjang.

Atmosfer di Yumaju ini memang atmosfernya kerja. Kalau anda freelancer, desainer, arsitek atau bahkan blogger, ini tempat yang tepat untuk anda memulai pekerjaan. Spirit bekerja itu dimunculkan dengan tegas di tagline-nya : collaboration over coffee. Nice!

LOKASI:

2. MIMITI COFFEE & SPACE

Mimiti Coffee & Space was founded by a group of five individuals who come from different backgrounds. From culinary, design graphic, photography, music, and business, the founders might seem to like different things. Although, they share a common interest, which is to sip a good cup of coffee together. The next story began in June 2016. Starting from a small corner in Jl. Karangsari, Mimiti has now relocated in busy street of Dago with wider space, better equipments, more crews and bigger ideas. However, Mimiti Coffee & Space still leans to the values that they hold since day one, which is to serve the whole experience of visiting a coffee shop; high quality coffee and home-made pastries, good music, and cozy ambiance. #mimiticoffee

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mimiti Coffee & Space (@mimiticoffee) pada

Jl. Sumur Bandung No. 14
Bandung, 40321

Jam buka :
Senin – Jumat : 08.00 – 20.00
Sabtu – Minggu : 08.00 – 21.00

Pertama kali berdiri, Mimiti Coffee & Space terletak di Jl. Setiabudi, tetapi kemudian pindah ke Jl. Sumur Bandung No. 14 Bandung. Di depannya ada restoran baru juga yang bernama : KIRI. Karena jalannya satu arah saja, maka akan sedikit lebih mudah untuk anda menemukan coffee shop yang satu ini. Persis di pengkolan, sebelah kiri.

Setelah parkir, anda memasuki di ruang outdoor yang ada banyak tempat duduk dari kayu. Atmosfer coffee shop ini, free & easy, dengan dominasi warna monokrom dan kaca. Tidak banyak dekorasi yang dipajang, coffee shop ini mempunyai lebih dari 140 seats. Sekitar 60% seats berada di area outdoor dan 40% nya di dalam. Seperti biasa, di dalam adalah area non-smoking.

Mesin espresso yang dipakai La Marzocco Strada 3 grup menunjukkan mereka serius menghidangkan kopinya. Mesin kopinya terlihat sangat gagah di coffee bar. Saya memesan cappucinno. Disini cappucinno-nya memakai single shot espresso. Tidak dijelaskan kopinya berasal dari mana. Hanya saja menu yang ada memang kopi dan kopi dan pastries. Kalau anda ingin makan besar, anda akan dipanggilkan waiter dari KIRI dan memesan makanan dari mereka. Sayangnya kopi yang disajikan biasa saja. Balance rasa cappucinno yang saya harapkan gak muncul, bahkan too much milk.

LOKASI:

3. MORNING GLORY COFFEE

Make coffee, not war ✌✌

Sebuah kiriman dibagikan oleh Your Daily Place for Coffee (@morningglorycoffee) pada

Setrasari Mall Kav C2 no 31
Bandung, 40164

Jam buka :
Senin – Jumat : 07.00 – 22.00
Sabtu – Minggu : 07.00 – 23.00

Tahun 2006 ketika pertama kali berdiri. Dahulu masih hanya berupa satu ruko saja. Letaknya agak tersembunyi di belakang area Setrasari Mall dekat dengan Toserba Griya. Ciri khas yang dari dahulu ada di coffee shop ini adalah mesin roasting kopi yang di letakkan di area depan. Ketika mereka sedang me-roasting kopi, aroma segar kopi yang sedang di-roasting akan menyebar ke seluruh tempat. Nikmat sekali.

Jangan terkecoh dengan area depan coffee shop ini yang terlihat kecil. Silakan masuk saja, lewati area coffee bar dan terus berjalan ke arah pintu belakang. Setelahnya anda akan menemukan ruangan outdoor yang luas dengan sofa dan meja kayu. Dijamin anda akan merasa betah.

Kopi Morning Glory ini semuanya dari Jawa Barat. Buat yang belum tahu, kopi Jawa Barat adalah kopi juara dunia pada saat ajang Specialty Coffee Association America (SCAA) Expo di Atlanta, USA, tahun 2016. Saat itu, kopi dari Gunung Puntang didaulat menjadi ‘best taste’. Mungkin kualitas kopi juara ini yang membuat banyak bule ngopi di tempat ini.

Selain yang di Setrasari Mall, Morning Glory Coffee juga ada di beberapa tempat di Bandung. Seperti di rooftop Hotel Mitra, Jl Supratman (yang ini juga harus dicoba), Taman Cempaka, Antapani dan spot lain. Tahun 2018 ini juga akan dibuka Morning Glory Coffee di Sydney, Australia.

LOKASI:

4. WARUNG KOPI PURNAMA

Jl. Alkateri No. 22
Kota Bandung 40111

Jam buka :
Senin – Minggu : 06.30 – 22.00

Tempat ngopi yang ini sudah legendaris. Rasanya orang asli Bandung pasti tahu tempat ngopi yang ini. Berdiri dari tahun 1930 dengan nama Chang Chong Se, pada tahun 1960 berganti nama menjadi Warung Kopi Purnama. Pendirinya berasal dari Medan dan saat ini dikelola oleh generasi ke empat.

Kalau lidah anda sudah terbiasa dengan produk kopi bernama Italiano, maka Warung Kopi Purnama adalah tempat yang tepat bagi anda untuk istirahat sejenak dari crema kopi, latte art atau bahkan persoalan hidup yang kadang begitu kencang. Disini anda akan menemukan atmosfer chinatown, kopi yang strong dan makanan lokal (ada makanan western tetapi sudah bercitarasa lokal) yang sangat nikmat.

Bisa saja anda membawa laptop dan bekerja disini, tetapi sangat tidak direkomendasikan. Lebih baik anda membawa diri anda sendiri kemudian menikmati kesibukan orang lain karena tempat ini tidak pernah sepi.

Ada ruang outdoor dan indoor yang letaknya di dalam. Dekorasi ruangan dan bangunan yang sengaja dipertahankan oldies menjadikan ruangannya tambah eksotis. Belum lagi berbagai foto keluarga jaman dulu yang ditempel di tembok. Kalau anda membawa teman anda kesini, anda akan membuatnya terkesan dengan kekuatan konsistensi tempat ini.

Selain menu kopi susu dan roti dengan ‘homemade’ selai srikaya. Ada banyak menu makanan lain seperti yamien, rames, dan lainnya. (bixbux.com/SF)

LOKASI: