Sidang Praperadilan Ditunda, FPI Penuhi Ruang Sidang

223

NGETRIP. ID, Bandung– Sidang gugatan praperadilan yang dilayangkan tim Sukmawati Soekarnoputri Putri terhadap termohon Polda Jabar ditunda. Sebab, pihak termohon, yakni Polda Jabar tidak hadir di persidangan.

Hal itu terungkap dalam sidang gugatan praperadilan peradilan terkait dikeluarkannya SP3 oleh Polda Jabar atas dugaan kasus pelecehan Pancasila oleh Habib Rizieq Sihab, di PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin (8/10/2018).

Sidang yang berlangsung di ruang satu dipimpin Muhammad Razad. Razad sempat membuka persidangan, dan langsung memutuskan sidang ditunda pekan depan.

“Karena pihak termohon tidak datang, terpaksa kita tunda. Kita beri kesempatan kepada termohon (Polda Jabar) seminggu tanggal 15 Oktober 2018 untuk hadir,” katanya.

Sementara itu, ratusan massa yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman PN Bandung. Aksi orasi dilakukan. Sebagai bentuk pengawalan sidang pra peradilan yang berkaitan dengan imam besar mereka, yakni Rizieq Sihab.

Tim bantuan hukum DPP FPI, Ichwan Tuankotta menyebutkan, pihaknya mendatangi pengadilan untuk mengikuti sidang praperadilan terhadap Polda Jabar terkait dugaan kasus pelecehan Pancasila.

“Kita hadir karena ada kaitannya dengan diri kita (FPI),” katanya.

Ichwan mengaku SP3 yang dikeluarkan Polda Jabar sudah benar, dengan alasan kurangnya dua alat bukti.(ismalia)