6 Tips Pesan Transportasi Online dengan Aman dan Nyaman

643

NGETRIP.ID, BANDUNG –– Transportasi online sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari pada masyarakat modern. Mulai dari mengantar kita untuk sampai ke tempat tujuan, membeli keperluan dan makanan, serta mengirimkan barang atau paket. Kemudahan dan harga yang bersaing memang menjadi alasan utama bagi kita untuk memilih jenis transportasi ini.

Namun, itu bukan mengartikan model angkutan ini hadir dengan tanpa masalah. Ada beberapa kasus tertentu yang juga patut untuk diwaspadai oleh khususnya para konsumen.

Berikut adalah tips-tips supaya kita tetap aman dan nyaman dalam menggunakan transportasi online.

1. Pilihlah Lokasi Penjemputan yang Tepat dan Aman

Pilih dan pastikan agar kita berada di alamat yang tepat dan titik penjemputan pun berada di posisi yang benar. Dengan memilih titik yang tepat, maka akan lebih menghemat waktu pada saat penjemputan. Cek alamat kembali, karena seringkali ada beberapa jalan atau gedung yang namanya serupa namun berbeda jauh untuk alamatnya.

Pilih titik penjemputan yang aman dan nyaman. Jangan memilih tempat penjemputan yang bakal menyulitkan driver pada saat menjemput, seperti area dilarang berhenti atau daerah yang rawan, terlalu sepi, dan remang misalnya. Pilihlah area seperti halte yang akan lebih memudahkan.

2. Efisiensi Waktu

Driver transportasi online tentunya berusaha untuk secepat mungkin datang demi menjemput kita. Nah, kita di sini harus menghargainya dengan cara sudah siap pada saat kita memesan kendaraan online. Dengan efisiensi waktu, kita juga akan mengurangi waktu tunggu yang kita jalani. Dengan mengurangi waktu tunggu yang kita jalani, maka kita juga akan lebih aman, apalagi jika sedang berada di tempat yang asing.

3. Cek Pengemudi dan Kendaraannya

Saat kita memesan transportasi online, kita akan mendapatkan informasi tentang driver, rating-nya, jenis kendaraan, dan nomor plat kendaraan. Pada saat kita akan menaiki kendaraan yang kita pesan, maka sebaiknya cek semua data driver tersebut kembali, apakah sudah cocok dengan yang datang demi menjemput kita. Lakukan konfirmasi untuk nama pengemudi agar kita tidak tertukar dengan driver lain. Jika sampai ada yang berbeda, maka lakukan konfirmasi lagi kepada driver yang bersangkutan

4. Gunakan Helm atau Sabuk Pengaman

Demi keamanan bersama, selalu gunakan helm atau sabuk pengaman kendaraan. Pastikan agar helm dan sabuk pengaman sudah terkunci dengan baik supaya jika sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, keselamatan kita tetap bisa terjaga.

5. Share Perjalanan kepada Orang Terdekat

Aplikasi transportasi online sekarang ini sudah memilih fitur Share perjalanan agar orang terdekat kita pun bisa memantau perjalanan kita. Cukup dengan memilih opsi Share, maka data-data berupa informasi dari driver, nomor plat kendaraan, dan lokasi penjemputan mau pun tujuan akan diketahui juga oleh orang terdekat kita.

6. Respek dan Saling Menghormati

Saling menghormati sudah seharusnya menjadi budaya yang berlaku secara umum dalam bertransportasi online. Perlakukanlah pengemudi dengan respek, karena driver dan penumpang pada dasarnya saling membutuhkan. Jangan merokok di dalam mobil, membuang sampah sembarangan, dan jangan meminta pengemudi untuk melanggar peraturan.

Jika pengemudi memang dirasa kurang sopan, tegurlah dengan baik dan jika masih berlanjut, laporlah melalui customer service atau channel-channel yang sudah ada.