Wagub Jabar Buka Rakor Apeksi Komwil III

NGETRIP.ID, TASIKMALAYA – Sebanyak 25 delegasi dari seluruh Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah III (komwil III), melaksanakan Rapat Koordinasi yang digelar di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Ahad (14/10/18).

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, secara resmi membuka, sekaligus memberi arahan, pada kegiatan yang berlangsung 13-15 Oktober 2018 tersebut.

Wagub Uu mengungkapkan, bahwa Apeksi, sebagai forum silaturahim pemerintah kota, ia harapkan dapat melahirkan kebijakan yang inovatif dalam menunjang pelayanan publik yang prima.

Ajang Rakor ini, juga dituntut untuk dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar kota yang dapat menompang pertumbuhan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat. “Rakor tersebut membahas berbagai permasalahan yang dihadapi setiap kota anggota Apeksi Komwil III,” kata Wagub Uu.

Untuk itu, Wakil Gubernur mengajak setiap kota anggota Apeksi, untuk berbagi berbagai pengalaman dan program yang sukses diaplikasikan, agar jadi ‘role model,’ atau contoh bagi kota lainnya.

Bicara mengenai ekonomi, Wagub Uu menyebut, sektor yang sedang dan akan terus menggeliat perkembangannya adalah pariwisata. Dimana modalnya, adalah identitas dan karakteristik setiap kota itu sendiri.

“Setiap kota, memiliki khasanah keunikan, potensi khas masing- masing. Maka upaya ‘branding’ menjadi kebutuhan dasar supaya ciri kota tersebut menjadi karakter,” kata Uu.

Adapun kelestarian alam, lanjut Uu, masih bisa menjadi modal, atau potensi yang punya daya jual. Maka setelah branding, yang dibutuhkan adalah meningkatkan pilar keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability Development). Disamping mengenalkan potensi wisata secara digital, sesuai tuntutan jaman milenial masa kini.

Selanjutnya, Uu berharap pertemuan Asosiasi ini, menjadi ajang berbagi dan diskusi menghadirkan solusi demi kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing. (AF)